Tautan-tautan Akses

AS

Ketua Fraksi Demokrat Desak Senat Setujui Bantuan $2.000 


Ketua fraksi Demokrat di Senat AS, Chuck Schumer

Sesi Kongres tinggal beberapa hari lagi. Tetapi senator fraksi Republik mengabaikan permintaan Presiden Donald Trump untuk menaikkan uang bantuan penanggulangan imbas COVID-19 menjadi $2.000 per orang.

Ketua fraksi Demokrat di Senat Chuck Schumer, Jumat (1/1), kembali meminta Senat agar menyetujui bantuan $2.000.

Ketua Fraksi Republik yang mayoritas di Senat, Mitch McConnell, tidak mau memenuhi permintaan Trump untuk menaikkan bantuan $600, yang baru saja disetujui. Ia menyatakan Kongres telah cukup banyak memberi bantuan. Ia memblokir upaya berulang kali Demokrat untuk mengadakan pemungutan suara.

Demokrat menerima permintaan Trump. Aliansi ini jarang terjadi dengan presiden dari Partai Republik. Fraksi Republik terpecah. Sebagian ikut mendukung permintaan Trump untuk menaikkan jumlah bantuan itu, dan sebagian lain keberatan dengan alasan bantuan yang lebih banyak itu tidak ditargetkan kepada mereka yang paling membutuhkan.

Bantuan $600 sedang dikirim ke mereka yang berpenghasilan hingga $75.000 per tahun. Semakin tinggi gaji orang itu, semakin berkurang jumlah bantuan. Setiap anak yang menjadi tanggungan orang tua juga mendapat bantuan $600.[ka/pp]

XS
SM
MD
LG