Tautan-tautan Akses

AS

Pembahasan RUU Stimulus yang Lebih Besar Mandek di Senat AS


Tabung sampel virus corona dengan uang kertas dollar AS dalam foto ilustrasi, 1 Maret 2020. (Foto: Reuters)

Ketua fraksi Republik yang mayoritas di Senat, Mitch McConnell, mengatakan pada Rabu (30/12) bahwa Senat tidak akan segera menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) yang disetujui DPR untuk menaikkan bantuan pandemi bagi sebagian besar orang Amerika dari $600 menjadi $2.000.

Senator Kentucky itu mengatakan RUU itu tidak berada pada jalur yang realistis untuk segera disetujui Senat."

Dengan Kongres yang baru akan dilantik pada 3 Januari, tidak jelas langkah apa yang akan diambil Kongres saat ini. Tanpa tindakan, RUU DPR itu akan kedaluwarsa.

McConnell memperkenalkan langkah itu pada Selasa (29/12), mengaitkan permintaan bantuan yang lebih besar untuk mengatasi imbas pandemi virus corona itu dengan beberapa tuntutan Trump yang tidak terkait mengenai RUU pertahanan Amerika yang telah diveto Presiden. Trump juga mengkritik RUU bantuan pandemi itu, yang akhirnya ia tanda tangani pada Minggu (27/12) setelah beberapa hari tertunda.

Demokrat telah lama mendukung bantuan yang lebih besar. DPR dengan mayoritas Demokrat dengan cepat setuju menaikkan jumlah itu menjadi $2.000 setelah Trump pertama kali menganjurkan jumlah yang lebih besar.[ka/ft]

XS
SM
MD
LG