Tautan-tautan Akses

Trump: 'Kita Harus Dikenang atas Apa yang Telah Dilakukan' 


Presiden Donald Trump menaiki pesawat kepresidenan Air Force One di Bandara Internasional Palm Beach di West Palm Beach, Florida, Kamis, 31 Desember 2020.
Presiden Donald Trump menaiki pesawat kepresidenan Air Force One di Bandara Internasional Palm Beach di West Palm Beach, Florida, Kamis, 31 Desember 2020.

Setelah berpekan-pekan bertekad mempertahankan jabatan, Presiden Amerika Donald Trump, Kamis (31/12), merilis video, yang menengok kembali apa yang disebutnya "kemenangan bersejarah". Dia mengatakan: "Kita harus dikenang atas apa yang telah dilakukan."

Trump, yang belum secara resmi mengaku kalah dalam pemilu November dari Joe Biden, mengunggah pesan itu di Twitter setelah kembali ke Washington lebih awal dari resornya di Florida di tengah perselisihan dengan Kongres atas RUU pertahanan dan bantuan untuk mengatasi imbas pandemi.

Dalam video itu, Trump memuji pencapaian pemerintahannya, yang katanya mencakup penanganan pandemi virus corona dan pemulihan ekonomi. Trump, yang terjangkit Covid-19 pada Oktober, sering mengecilkan keseriusan pandemi. Banyak pakar kesehatan menilai cara Trump menanggapi pandemi tidak terorganisasi dan kerap mengabaikan sains di balik penularan virus.

Trump mengatakan Amerika telah menghasilkan vaksin Covid-19 dalam waktu singkat, dan ia telah memprediksi dengan tepat ini akan terjadi sebelum tutup tahun.

Amerika paling terpukul oleh Covid-19 dan sejauh ini mencatat lebih dari 345.000 kematian, menurut Johns Hopkins Coronavirus Resource Center.[ka/pp]

XS
SM
MD
LG