Tautan-tautan Akses

Kepercayaan Konsumen Amerika Anjlok Bulan Ini


Konsumen AS berbelanja barang pada diskon akhir tahun 'Black Friday' di Manhattan, New York tahun lalu (foto: dok).

Kepercayaan konsumen di Amerika anjlok pada November, kembali terpuruk selagi orang mulai berbelanja menjelang libur akhir tahun, menurut laporan Indeks Conference Board hari Selasa (26/11).

Tingkat kepercayaan konsumen tidak memenuhi ekspektasi analis pada November karena turun dari 126,1 menjadi 125,5; penurunan bulanan keempat berturut-turut.

Melihat kondisi saat ini, penurunan itu menunjukkan, pertumbuhan pada triwulan keempat 2019 akan "lemah," tetapi "tingkat kepercayaan secara keseluruhan masih tinggi dan seharusnya mendukung pengeluaran yang solid selama musim belanja akhir tahun," kata Lynn Franco, direktur senior indikator ekonomi pada Conference Board, organisasi nirlaba penelitian bisnis.

Umumnya analis masih cukup optimistis pada musim belanja akhir tahun di Amerika tahun ini meskipun ada kekhawatiran mengenai resesi, mengingat pasar kerja tetap kuat dan pasar saham mencatat rekor.

Jim O'Sullivan, kepala ekonom Amerika pada High Frequency Economics, menilai kepercayaan konsumen Amerika sebagai "lebih lemah dari perkiraan, tetapi tidak lemah." (ka/em)

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG