Tautan-tautan Akses

China Balas Kritikan AS soal Proyek Infrastruktur di Pakistan


Pelabuhan Gwadar di Pakistan yang dibangun dengan kerjasama Pakistan-China dan menelan biaya $248 juta (foto: ilustrasi).

China dan Pakistan hari Jumat (22/11) mendesak Amerika "agar memisahkan fakta dari fiksi" sebelum mempertanyakan program pembangunan infrastruktur bilateral kedua negara, yang didanai oleh China di bawah prakarsa global Sabuk dan Jalan, Belt and Road Initiative (BRI).

Reaksi itu muncul sehari setelah seorang diplomat senior Amerika mengkritik kolaborasi miliaran dolar yang sedang berlangsung, dikenal sebagai China-Pakistan Economic Corridor - Koridor Ekonomi China-Pakistan (CPEC), dan memperingatkan bahwa pada akhirnya akan memperburuk masalah ekonomi Pakistan dan hanya menguntungkan China.

Berbicara kepada hadirin di Woodrow Wilson International Centre for Scholars hari Kamis (21/11), penjabat Dirjen urusan Asia Selatan, Alice Wells, mengatakan Amerika menawarkan model yang lebih baik yang akan meningkatkan fundamental ekonomi Pakistan yang bermasalah.

Penjabat Dirjen Deplu AS urusan Asia Selatan, Alice Wells
Penjabat Dirjen Deplu AS urusan Asia Selatan, Alice Wells

Wells juga mempertanyaan transparansi dan keadilan proyek-proyek CPEC serta pinjaman China terkait yang telah diterima Pakistan. Pernyataannya mendapat tanggapan kuat dari pejabat China dan Pakistan hari Kamis.

Duta Besar China untuk Pakistan, Yao Jing, menilai pengetahuan Wells tidak "akurat" dan hanya mengandalkan laporan "propaganda" media Barat untuk menyuarakan tuduhan itu. Ia mengatakan China dan Pakistan bertekad memastikan proyek infrastrukturitu bebas korupsi.(ka/pp)

Recommended

XS
SM
MD
LG