Tautan-tautan Akses

AS

Trump Pertimbangkan Hapus Tarif Impor China untuk Apple


CEO Apple Tim Cook dan Presiden Donald Trump berbincang saat mengunjungi pabrik Apple manufacturing di Austin, Texas, 20 November 2019.

Setelah meninjau pabrik perakitan komputer Apple Inc, Presiden AS Donald Trump, Rabu (20/11), mengatakan sedang mempertimbangkan apakah akan membebaskan perusahaan Amerika itu dari pengenaan tarif impor untuk barang-barang dari China.

"Kami sedang mempelajari," ujar Trump menjawab pertanyaan wartawan tentang tarif itu, setelah berkeliling pabrik perakitan komputer meja Mac Pro di Austin, Texas, bersama CEO Apple Tim Cook.

Cook, yang memiliki hubungan yang kuat dengan Trump, telah meminta agar Apple dibebaskan dari tarif impor itu. AS menerapkan tarif impor atas barang-barang dari China sebagai bagian dari perang dagang selama berbulan-bulan antara kedua ekonomi terbesar di dunia.

Apple mengumumkan September lalu akan membuat komputer Mac Pro baru di Austin. Pengumuman itu datang beberapa hari setelah regulator perdagangan Amerika menyetujui 10 dari 15 permintaan pembebasan tarif yang diajukan Apple.

Awal bulan ini, Apple juga meminta pemerintah Trump menghapus tarif pada Apple Watches yang dibuat di China, komponen iPhone dan produk-produk konsumen lainnya.

Trump menjadikan peningkatan sektor manufaktur salah satu kebijakannya. Di Twitter ia mendesak perusahaan-perusahaan Amerika agar membuka usahanya di dalam negeri.[ka/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG