Tautan-tautan Akses

AS

The Fed Pangkas Suku Bunga untuk Ketiga Kalinya


Lambang Dewan Gubernur bank sentral AS, The Federal Reserve, di gedung Marriner S. Eccles Federal Reserve Board Building di Washington. (Foto: AP)

Bank Sentral AS, the Federal Reserve atau the Fed, pada Rabu (30/10), memangkas suku bunga acuannya untuk ketiga kalinya tahun ini untuk mempertahankan ekspansi ekonomi dalam menghadapi ancaman global. Tapi the Fed mengisyaratkan kemungkinan tidak akan melakukan pemotongan lagi tahun ini.

Fed mengambil langkah mengurangi tingkat suku bunga jangka pendek yang dikendalikannya - yang memengaruhi banyak pinjaman konsumen dan bisnis - hingga kisaran antara 1,5 persen dan 1,75 persen.

Pernyataan yang dirilis Fed setelah pertemuan kebijakan terbarunya menghapus istilah penting yang telah digunakan sejak Juni untuk mengindikasikan kemungkinan penurunan suku bunga di masa depan.

Ini bisa berarti pejabat Fed akan lebih suka mempertahankan suku bunga sementara mereka menilai ekonomi dalam beberapa bulan mendatang.

Pasar saham dan obligasi langsung sepi ketika para pialang menunggu-nunggu konferensi pers pimpinan Bank Sentral Jerome Powell.[my/pp]

XS
SM
MD
LG