Tautan-tautan Akses

AS

Kebakaran Hutan di California Utara Meluas


Phil Rush berjalan melalui sisa-sisa rumahnya yang hangus terbakar di Santa Rosa, California, Rabu, 11 Oktober 2017.

Prakiraan cuaca menunjukkan angin kencang dan kelembaban udara yang rendah akan terjadi di bagian utara California, Kamis (12/10). Kondisi tersebut akan menyulitkan upaya menanggulangi 22 titik kebakaran besar di bagian utara San Francisco.

Kebakaran hutan terus meluas hari Rabu, dipicu oleh angin kencang yang memaksa evakuasi baru di daerah kerusakan yang juga meluas.

Sedikitnya 23 orang tewas dan lebih dari 300 orang hilang. Kabel-kabel listrik tergeletak di jalan di daerah-daerah permukiman yang terbakar sementara petugas kebakaran berjuang keras mengatasi kondisi kering. Di sejumlah permukiman yang tersisa, yang terlihat adalah cerobong-cerobong yang menghitam, pepohonan yang hangus dan mobil-mobil yang ditinggalkan. Pihak berwenang menyatakan sedikitnya 3.500 rumah dan bisnis hancur.

Kebakaran itu menghanguskan hampir 69 ribu hektar lahan di beberapa kabupaten, yang terkenal di dunia dengan kebun-kebun anggur dan tempat pembuatan anggurnya. Sebagian tempat tersebut hancur.

Polisi memblokir banyak ruas jalan dan mencegah warga memasuki kawasan perumahan yang hancur, di mana sebagian warga menyatakan tidak dapat lagi mengenali jalan-jalan dan sekitarnya. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG