Tautan-tautan Akses

AS

Kebakaran di California, Sedikitnya 10 Tewas, 1.500 Rumah Hangus


Dua perempuan saling berpelukan saat menyaksikan rumah-rumah kediaman warga di Santa Rosa, California, tengah dilalap api, Senin, 9 Oktober 2017. (AP Photo / Jeff Chiu)

Petugas pemadam kebakaran di negara bagian California berjuang untuk memadamkan belasan kebakaran hutan yang telah menewaskan sedikitnya 10 orang dan mengakibatkan ribuan orang mengungsi dari rumah mereka.

Para pejabat dinas pemadam kebakaran negara bagian hari Senin (9/10) memperkirakan kebakaran tersebut telah menghanguskan 1.500 rumah dan tempat usaha, sementara rumah sakit-rumah sakit setempat mengatakan lebih dari 100 orang telah berobat, sebagian besar karena menghirup asap. Jumlah korban diperkirakan akan meningkat.

Penyebab kebakaran belum jelas, tetapi kebakaran hutan sering terjadi di California selama masa ini dan nyala api dapat menyebar dengan cepat melintasi lahan yang kering dengan bantuan angin kencang.

Gubernur California Jerry Brown telah mengumumkan keadaan darurat di Napa, Sonoma dan Yuba, tiga county (daerah setingkat kabupaten) yang merupakan pusat perkebunan anggur yang populer di negara bagian itu.

“Ini benar-benar serius, cepat bergerak,” kata Brown dalam sebuah konferensi pers.

Dua puluh ribu orang telah dievakuasi, termasuk ratusan dari rumah sakit-rumah sakit di daerah kebakaran. [lt]

XS
SM
MD
LG