Tautan-tautan Akses

Kebakaran Hutan di California Capai 4 Juta Hektar


Seorang petugas berusaha memadamkan ebakaran hutan di Calistoga, negara bagian California.
Seorang petugas berusaha memadamkan ebakaran hutan di Calistoga, negara bagian California.

Kebakaran hutan di negara bagian California telah menghanguskan lebih dari empat juta hektar tahun ini, lebih dari dua kali lipat dibanding catatan sejarah terkait jumlah kebakaran hutan terparah dalam satu tahun di negara bagian itu.

Petugas pemadam kebakaran California mengatakan jumlah lahan yang terbakar itu melampaui rekor pada hari Minggu (4/10) ini. Rekor lahan terluas yang dilalap si jago merah itu adalah dua tahun lalu ketika kebakaran hutan menghancurkan lebih dari 1,67 juta hektar lahan.

“Angka empat juta ini tak terduga. Hal ini mengganggu pikiran dan mengejutkan kita,” ujar Scott McLean, juru bicara Departemen Perlindungan Kehutanan dan Perlindungan atas Ancaman Kebakaran di California – atau kerap disebut sebagai Cal Fire, Scott McLean.

Cal Fire dalam pernyataan hari Minggu mengatakan sudah terjadi lebih dari 8.200 kebakaran hutan sejak awal tahun ini, “yang menghanguskan lebih dari empat juta hektar lahan di California.” Kebakaran itu menghancurkan kawasan yang luas di Connecticut.

Lebih dari 17.000 petugas pemadam kebakaran masih berjuang keras memadamkan api di lebih dari 20 kebakaran hutan di seluruh negara bagian itu. [em/jm]

XS
SM
MD
LG