Tautan-tautan Akses

Suhu dan Hujan Sedikit Membantu Kurangi Kebakaran Hutan di Pantai Barat AS


Api terus membakar Hutan Nasional Angeles di Los Angeles, utara Azusa, California, 17 September 2020. (Foto: AFP/Kyle Grillot)
Api terus membakar Hutan Nasional Angeles di Los Angeles, utara Azusa, California, 17 September 2020. (Foto: AFP/Kyle Grillot)

Kebakaran hutan di negara bagian California Barat, Oregon dan Washington terus berkobar pada hari Jumat (18/9) yang telah menghanguskan jutaan hektar lahan, namun kelegaan akan dapat dirasakan.

Di Oregon, kabar baik datang dari seorang pejabat tinggi perlindungan kebakaran yang menyatakan beberapa titik api telah "dihapus dari peta", yang berarti tingkat kebakaran hutan itu dapat diturunkan.

Menurut OPB News, sedikitnya enam titik api besar yang terus berkobar.

Di California, seorang petugas pemadam kebakaran dilaporkan tewas hari Kamis ketika berusaha memadamkan kebakaran El Dorado, yang dipicu oleh sebuah pesta pengungkapan jenis kelamin bayi yang menjadi kacau.

Namun, ada kabar baik dari prakiraan cuaca yang menyatakan suhu akan lebih dingin, menurut L.A. Times.

Hingga Jumat (18/9) lebih dari dua puluhan kebakaran yang terjadi di California, dengan lebih dari 17 ribu petugas pemadam kebakaran berusaha menahan kobaran api.

Sedikitnya 24 orang tewas dalam kebakaran tersebut.

Di Seattle, asap diperkirakan akan menghilang saat hujan turun.

"Yang terburuk telah pergi," kata Dustin Guy, ahli meteorologi dari National Weather Service di Seattle memaparkan kepada Seattle Times dengan mengacu pada kabut asap.

“Yang penting tetap terus tingkatkan dan alirkan udara yang lebih bersih dari Pasifik.”

Kebakaran hutan telah memaksa ribuan warga mengungsi di sepanjang Pantai Barat dan kabut asap berjalan bahkan kepada mereka yang jauh dari titik api hingga ke rumah-rumah sakit daerah. [mg/pp]

XS
SM
MD
LG