Tautan-tautan Akses

AS

Cegah Kebakaran Hutan, PG&E Padamkan Listrik 11 Ribu Pelanggan California


Pesawat menjatuhkan bahan kimia untuk mengatasi kebakaran hutan di Calistoga, California, 27 September 2020.

Perusahaan listrik terbesar di Amerika Serikat (AS) memadamkan aliran listrik bagi ribuan warga California utara untuk sementara, guna mencegah kebakaran hutan yang dipicu oleh perangkat listrik. Negara bagian itu bersiap menghadapi kemungkinan angin kencang dan kondisi cuaca ekstrem.

Angela Lombardi, seorang juru bicara perusahaan itu, mengatakan bahwa Pacific Gas & Electric, Minggu (27/9), memadamkan aliran bagi sekitar 11 ribu pelanggan, sebagian besar di Butte County. Sebanyak 54 ribu pelanggan lain juga kemungkinan akan mengalami pemadaman listrik karena cuaca diperkirakan panas, kering disertai angin kencang, katanya. Dia menambahkan total 16 county (daerah setingkat kabupaten) bisa terkena dampaknya.

Pemadaman itu hanya akan dilakukan sebagai “upaya terakhir,” kata Lombardi. "Para pakar meteorologi PG&E terus mengevaluasi dan memonitor cuaca.”

Pemadaman itu dilakukan sementara California kembali bersiap menghadapi cuaca panas, kering dan angin kencang yang bisa menyebabkan saluran listrik korslet dan memicu kebakaran di lahan kering.

Dinas Cuaca Nasional mengakatan peringatan mengenai kondisi cuaca rawan kebakaran dikeluarkan untuk wilayah utara dan pusat di negara bagian itu mulai Sabtu (26/9) hingga Senin (28/9).

Sepanjang tahun ini, lebih dari 8.000 kebakaran hutan telah menghanguskan wilayah seluas 14.504 km persegi, menghancurkan lebih dari 7.000 bangunan dan menewaskan 26 orang. [vm/pp]

XS
SM
MD
LG