Tautan-tautan Akses

AS

Petugas Pemadam Kebakaran California Berpacu Padamkan Api


Satu dari beberapa rumah yang habis terbakar dilalap api kebakaran hutan di Juniper Hills, California, 18 September 2020.

Sudah lima pekan California dilanda kebakaran besar hutan yang dipicu cuaca panas dan angin kencang. Senin (21/9), petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan api sementara cuaca mendukung.

Pada musim panas ini, jauh lebih banyak bagian California yang dilanda kebakaran dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. Sejumlah kebakaran dipicu badai petir dahsyat, menghanguskan wilayah seluas hampir 1,4 juta hektare sejak pertengahan Agustus.

Kebakaran besar sebelumnya tercatat melanda sekitar 810 ribu hektare pada 2018.

Sampai Senin (21/9), lebih dari 19.000 petugas pemadam kebakaran terus berusaha memadamkan 27 kebakaran besar di seluruh negara bagian itu, menurut Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California (CalFire).

Kebakaran itu, yang dipicu cuaca ekstrem yang menurut tim ilmuwan adalah tanda-tanda perubahan iklim. CalFire melaporkan kebakaran hutan itu telah menghancurkan sekitar 6.100 rumah dan bangunan lain serta menewaskan 26 orang, tiga di antaranya adalah petugas pemadam kebakaran.

Pada saat yang bersamaan, kebakaran hutan yang luas juga terjadi di Oregon dan Washington dimulai awal bulan ini. Lebih dari 4.400 bangunan di kedua negara bagian itu rusak dan 10 orang meninggal. Namun, akhir pekan lalu hujan lebat yang mengguyur pegunungan Cascade membantu petugas pemadam kebakaran di sana dalam usaha mereka memadamkan api di kedua negara bagian tersebut. [ka/pp]

XS
SM
MD
LG