Tautan-tautan Akses

Katy Perry dan Dr. Luke Kalah dalam Kasus Gugatan Penjiplakan Lagu


Penyanyi AS Katy Perry dalam sebuah konser di Los Angeles (foto: dok).

Lagu Dark Horse yang dibawakan Katy Perry ini dinyatakan sebuah juri pengadilan pekan lalu di Amerika sebagai lagu jiplakan dari karya bintang musik Kristen Marcus Gray. Lagu yang dirilis pada tahun 2013 ini diyakini hampir setenganya menjiplak lagu rap karya Gray yang berjudul Joyful Noise dan dirilis tahun 2009.

Tidak hanya itu. Lagu yang liriknya ditulis Katy Perry dituding menciptakan kaitan yang keliru antara lagu Kristen itu dengan sihir anti-Kristen, ilmu hitam, paganisme dan kekuatan jahat sebagaimana dituturkan dalam lirik lagu Dark Horse.

Marcus Gray yang juga dikenal sebagai Flame, menuding lagu Katy itu merusak reputasinya di dunia musik Kristen karena lagu Kary kini diasosiasikan dengan dirinya.

Katy tidak hadir pada tahap akhir pengadilan yang berlangsung tujuh hari itu. Dalam kesaksiannya yang disampaikan pekan sebelumnya, Katty bersikeras mengatakania belum pernah mendengar Joyful Noise, ia baru mendengar irama musik itu dari Dr Luke ketika sedang berlibur di Santa Barbara. Ia selesai menulis lirik lagu itu empat jam kemudian. (mg/ab)

XS
SM
MD
LG