Tautan-tautan Akses

Jepang Selesaikan Penyelidikan Tubrukan Kapal Angkatan Laut AS


Para pelaut melipat tujuh bendera Amerika dalam upacara peringatan di Yokosuka, Jepang, 27 Juni 2017 untuk menghormati tujuh pelaut yang ditugaskan di kapal perusak USS Fitzgerald yang tewas dalam insiden tubrukan kapal di laut (foto: AL AS/Petty Officer 2nd Class Raymond D. Diaz III)

Pihak berwenang Jepang mengatakan mereka sedang menyelesaikan penyelidikan mengenai tabrakan bulan lalu kapal barang dan sebuah kapal perusak angkatan laut Amerika tanpa mengambil keputusan mengenai apa yang menyebabkan kecelakaan, yang menewaskan 7 orang tentara laut Amerika itu.

Kapal barang peti-kemas dan sebagian besar awaknya diizinkan meninggalkan Jepang dan pejabat pengawal pantai mengatakan mereka memperkirakan dakwaan tidak akan dikenakan. Seorang jurubicara perusahaan pemilik kapal barang itu mengatakan hari Senin bahwa kapten dan sebagian awaknya telah dengan sukarela tetap berada di Jepang.

Militer Amerika mempunyai hak menyelidiki kapal angkatan lautnya dan tidak bekerjasama dengan penyelidikan Jepang.

Baik pejabat Amerika maupun Jepang belum mengatakan apakah awak kapal angkatan laut Amerika USS Fitzgerald dianggap bertanggung jawab atas tubrukan tersebut. [gp]

XS
SM
MD
LG