Tautan-tautan Akses

Angkatan Laut Amerika Masih Cari Tujuh Personil yang Hilang


USS Fitzgerald, sebuah kapal peluncur kendali kelas Arleigh-Burke, yang mengalami kerusakan setelah bertabrakan dengan kapal dagang berbendera Filipina, tampak di lepas pantai Shimoda, Jepang (foto: Kyodo via REUTERS)
USS Fitzgerald, sebuah kapal peluncur kendali kelas Arleigh-Burke, yang mengalami kerusakan setelah bertabrakan dengan kapal dagang berbendera Filipina, tampak di lepas pantai Shimoda, Jepang (foto: Kyodo via REUTERS)

Tujuh personil Angkatan Laut Amerika yang hilang setelah kapal perusak mereka ditabrak kapal kontainer di lepas pantai Jepang masih terus dicari.

Angkatan Laut Amerika masih terus melanjutkan upaya mencari tujuh personil yang hilang setelah kapal perusak mereka ditabrak kapal kontainer di lepas pantai Jepang.

Angkatan Laut Amerika mengatakan USS Dewey, beberapa kapal dan pesawat terbang Amerika dan Jepang ikut dalam operasi pencarian pelaut-pelaut yang hilang itu.

Kapal perusak USS Fitzgerald Sabtu dini hari (17/6) tabrakan dengan sebuah kapal kontainer ACX Crystal – kapal Filipina yang berukuran empat kali lebih besar dari kapal perusak itu. Kapal dengan bobot 29 ribu ton dan panjang 222 meter itu menabrak USS Fitzgerald yang berbobot 8.315 ton dan panjang 154 meter.

Angkatan Laut Amerika mengatakan tabrakan itu terjadi pada bagian tengah kanan kapal, merusak dua stasiun untuk berlayar, satu ruang mesin dan ruang komunikasi radio. USS Fitzgerald segera kembali ke pelabuhan Yokosuka, Jepang. Ditambahkan, kapal perusak itu mengalami kerusakan di atas dan di bawah batas air dan ‘’banjir terjadi di beberapa tempat.’’

Nama ketujuh pelaut yang hilang itu masih belum diumumkan, menunggu pemberitahuan pada keluarga mereka.

Selain ketuju pelaut yang hilang itu, tiga pelaut lain, termasuk komandan kapal Bryce Benson luka-luka akibat insiden itu. Benson yang mengalami luka di bagian kepala diterbangkan ke rumah sakit angkatan laut di Yokosuka dan berada dalam kondisi stabil. Dua pelaut lainnya menderita luka dan memar telah dikeluarkan dari kapal naas itu. Belum jelas berapa banyak yang sebenarnya luka-luka dalam insiden yang terjadi sekitar 100 kilometer barat daya Yokosuka pada jam 2.30 malam waktu setempat, demikian menurut Armada Ketujuh yang mengoperasikan kapal di Pasifik Barat dan Samudera India. [em]

XS
SM
MD
LG