Tautan-tautan Akses

AS

Amerika Hentikan Pencarian Tentara Laut yang Hilang Akibat Tabrakan Kapal


Bagian kapal USS Fitzgerald yang rusak di pangkalan AL AS di Yokosuka, barat daya Tokyo, 18 Juni 2017.

Amerika telah menghentikan pencarian 7 orang tentara laut yang hilang setelah menemukan mayat di kamar tidur kapal USS Fitzgerald, kapal perusak Angkatan laut yang tabrakan dengan kapal dagang yang sangat besar di lepas pantai Jepang Sabtu pagi.

"Pencarian dan pertolongan sudah berakhir," kata panglima Armada ke-7 Amerika Laksamana Muda Joseph Aucoin hari Minggu. Pihak berwenang Amerika dengan cara yang tidak langsung mengakui tidak ada yang selamat, walaupun Aucoin tidak mau mengatakan berapa banyak jenazah telah ditemukan sampai para keluarga tentara laut yang meninggal diberitahu.

Aucoin mengatakan bahwa air laut dengan cepat membanjiri kamar tidur dan bahwa bagian sisi kanan kapal bobol.

"Kerusakan itu besar. Ada lubang yang besar di bawah permukaan air," kata Aucoin di pangkalan angkatan laut Yokosuka, pangkalan Armada ke-7 Amerika. Ia berbicara dengan membelakangi Fitzgerald, setelah kapal tunda menariknya ke pelabuhan dalam beberapa jam setelah tabrakan 104 kilometer di barat-daya Yokosuka, jalur pelayaran yang ramai.

Ia mengatakan banyak awak sedang tidur ketika kapal perusak itu tabrakan dengan kapal peti-kemas berbendera Filipina ACX Crystal. Aucoin mengatakan Ftzgerald dapat dipulihkan tetapi perbaikan kemungkinan akan memakan waktu berbulan-bulan.

"Saya harap kurang dari setahun," kata Aucoin. "Kita akan melihat USS Fitzgerald kembali."

Belum ada penjelasan mengenai penyebab tabrakan itu. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG