Tautan-tautan Akses

AS Belum Kukuhkan Jumlah Korban dalam Tabrakan Kapal AL di Jepang


Kapal USS Fitzgerald yang rusak di pangkalan AL AS di Yokosuka, baratdaya Tokyo, 18 Juni 2017.

Panglima Armada ke-7 belum mengukuhkan berapa banyak jenazah telah ditemukan dari kapal perusak Angkatan laut Amerika USS Fitzgerald yang tabrakan dengan kapal dagang yang sangat besar di lepas pantai Jepang.

Laksamana Muda Joseph P. Aucoin hanya mengatakan hari Minggu bahwa sejumlah mayat telah ditemukan dan Angkatan laut sedang menghubungi para keluarga tentara laut yang meninggal. "Jadi, untuk menghormati para keluarga dan proses pemberitahuan," kata Aucoin, "saya tidak mau menyatakan berapa banyak yang telah kita temukan saat ini."

Tujuh orang tentara laut dilaporkan telah meninggal dalam tabrakan antara Fitzgerald dan ACX Crystal.

USS Fitzgerald telah kembali ke pelabuhan hari Sabtu (17/6) di Yokosuka, Jepang.

ACX Crystal telah berlayar ke Tokyo hari Sabtu sore dengan kerusakan ringan pada ujung depannya. Tidak ada dari ke-20 orang awak kapal peti-kemas yang berbendera Filipina itu dilaporkan cedera.

Aucoin mengatakan Angkatan Laut akan melancarkan penyelidikan mengenai tabrakan itu karena "itu adalah kewajiban kami bagi para keluarga dan Angkatan Laut untuk memahami apa yang terjadi."

"Sayangnya, kami tidak mempunyai keterangan terinci mengenai keadaan pada saat-saat terakhir, tetapi berharap bahwa penyelidikan mungkin akan memberi penjelasan lebih jauh mengenai hal itu," kata Aucoin. [gp]

XS
SM
MD
LG