Tautan-tautan Akses

Penyelidik Pertanyakan Penundaan Laporan Tubrukan Kapal Perusak AS-Kapal Kontainer


USS Fitzgerald yang rusak ditarik oleh kapal tunda dekat pangkalan AL AS di Yokosuka, baratdaya Tokyo, setelah kapal tersebut bertabrakan dengan kapal kontainer ACX Crystal lepas pantai Semenanjung Izu, 17 Juni 2017 (foto: AP Photo/Eugene Hoshiko)

Alasan mengapa kapal perusak Amerika dan kapal kontainer Filipina butuh hampir satu jam untuk melaporkan kecelakaan maut itu yang menewaskan 7 pelaut di kapal perang di lepas pesisir Jepang menjadi bahan penyelidikan baik pihak berwenang Amerika maupun Jepang.

Pihak berwenang Amerika dan Jepang mengatakan, mereka menyelidiki mengapa personil di kapal perusak Amerika dan kapal kontainer Filipina butuh hampir satu jam untuk melaporkan kecelakaan maut itu yang menewaskan 7 pelaut di kapal perang di lepas pesisir Jepang.

Pejabat dari kedua negara mengatakan dilaporkan oleh kedua kapal pada sekitar 2:30 pagi Sabtu, tetapi data pelacakan memperlihatkan kecelakaan berlangsung pada 1:30 pagi.

Data pelacakan memperlihatkan ACX Crystal, kapal kontainer itu, membuat putaran huruf U tak lama setelah 1:30 kembali ke asalnya pada 1:30.

Juru bicara Armada ke 7 Amerika mengatakan, kecelakaan itu tampaknya terjadi pada pukul 1:30 pagi Sabtu, bukan 2:30 sebagaimana dilaporkan USS Fitzgerald.

Nanami Meguro juru bicara untuk Nippon Yusen, operator kapal kontainer itu mengatakan, informasi pelacakan memperlihatkan kapal beroperasi seperti biasa sampai tubrukan pada pukul 1:30 pagi.

Tubrukan ini sedang diselidiki AL Amerika dan Pengawal Pantai Jepang dan Dewan Keselamatan Transportasi Jepang. [jm]

XS
SM
MD
LG