Tautan-tautan Akses

Adele membuka Grammy Awards 2017 dengan lagu yang menandai kembalinya musisi itu ke dunia musik – “Hello” – yang juga membantunya memenangkan dua Grammy Awards, dan mungkin membuatnya juga meraih kategori album, lagu dan rekaman terbaik tahun ini.

“Hello” memenangkan kategori pop solo terbaik, sementara albumnya “25” meraih kategori album pop vokal terbaik. Untuk tiga kategori utama – album, lagu dan rekaman terbaik – Adele bersaing ketat dengan Beyonce.

Chance the Rapper memenangkan penghargaan pertama untuk kategori artis pendatang baru terbaik. Ia juga memenangkan kategori penampilan rap terbaik dalam acara di Staples Center, Los Angeles, Minggu malam (12/2).

James Corden yang untuk pertama kalinya menjadi pembawa acara Grammy, menyampaikan monolog yang juga menyebut nama Prince, Rihanna dan Drake.

Minggu pagi, album terakhir David Bowie yang dirilis beberapa hari setelah ia meninggal karena kanker tahun lalu, juga meraih tiga Grammy. Album ‘’Blackstar’’ memenangkan album musik alternatif terbaik, penampilan rock terbaik dan album non-klasik terbaik. Bowie dinominasikan menerima empat Grammy, namun kategori terakhir yaitu lagu rock terbaik baru akan diumumkan di akhir acara akbar itu.

Beyonce juga meraih penghargaan pada awal Grammy. Ia menjadi pemenang Grammy untuk ke-21 kalinya setelah meraih kategori video musik terbaik untuk lagu “Formation”. Namun ia gagal meraih kategori film musik terbaik, yang tahun ini dimenangkan “The Beatles : Eight Days A Week The Touring Years” arahan sutradara Ron Howard.

Adik Beyonce yang sekaligus kritikus R&B Solange, memenangkan Grammy pertamanya untuk kategori penampilan R&B terbaik. Sementara Drake – yang tidak hadir dalam acara ini – memenangkan kategori lagu rap terbaik dan penampilan rap terbaik untuk lagu “Hotline Bling”.

Lagu Justin Timberlake “Can’t Stop the Feeling” – yang juga dinominasikan untuk Oscar – memenangkan kategori lagu terbaik yang ditulis untuk media visual. Lagu ini menjadi sangat terkenal dan meraih posisi puncak tangga lagu di Amerika setelah menjadi soundtrack film “Trolls”.

The Chainsmokers memenangkan album rekaman dance terbaik untuk “Don’t Let Me Down”, sementara album milik Sturgill Simpson meraih kategori album musik country terbaik untuk “A Sailor’s Guide to Earth”. [em]

XS
SM
MD
LG