Tautan-tautan Akses

Kelompok band musik rock terkenal The Eagles, telah mengajukan tuntutan hukum atas sebuah hotel di Meksiko yang bernama Hotel California, yang juga merupakan lagu paling terkenal kelompok musik itu sejak puluhan tahun.

Tuntutan hukum itu diajukan ke pengadilan atas pemilik hotel berkamar 11 di Baja California Sur, dan menuduh pemiliknya berusaha keras memperkuat citra bahwa hotel itu ada hubungannya dengan lagu Hotel California yang terkenal tadi.

Pemilik hotel itu, katanya, sering memainkan lagu-lagu top hit kelompok Eagles lewat sistem pengeras suara di hotel itu, dan pemilik hotel berusaha mendaftarkan nama Hotel California sebagai hak paten miliknya.

Hotel itu dibuka tahun 1950 dengan nama Hotel California, tapi kemudian berganti nama menjadi hotel Todos Santos sampai hotel itu dibeli oleh warga Kanada tahun 2001 yang mengganti namanya kembali menjadi Hotel California. Lagu Hotel California mendapat hadiah Grammy tahun 1976.

Kata anggota The Eagles, Don Henley, lagu itu tidak mengisahkan tentang California, tapi tentang Amerika dan pengalaman hidup warganya pada saat itu. [ii]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG