Tautan-tautan Akses

In Memoriam: Penghibur, Sastrawan Besar yang Meninggal Tahun 2017


Ucapan "Thank you Johnny" tertulis di Menara Eiffel untuk mengenang bintang rock Perancis Johnny Hallyday di Paris, Perancis, Jumat, 8 Desember 2017.

Sebagian membuat kita menari dan mengisi kalbu dengan musik, sementara yang lainnya membuat kita bermimpi dengan film. Meskipun mereka tidak lagi bersama kita, karya mereka menyentuh banyak orang. Mulai dari ikon musik Amerika dan Perancis Chuck Berry dan Johnny Hallyday sampai bintang TV kesayangan Amerika Mary Tyler Moore dan aktivis HAM China Liu Xiabao.

Ribuan orang mengucapkan selamat tinggal pada bintang rock terbesar Prancis Johnny Hallyday, termasuk Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Dalam penghormatannya pada ikon Perancis, Macron mengatakan Hallyday lebih dari sekedar penyanyi. "Dia adalah kehidupan, kehidupan yang paling berpengaruh, cerdas dan murah hati."

Di Amerika, sebagian mengatakan ikon musik seperti Tom Petty dan Chuck Berry menyentuh jiwa mereka dengan lagu-lagu.

Petty dinobatkan dalam Rock & Roll Hall of Fame dengan kelompok bandnya, The Heartbreakers tahun 2002.

"Saya berterima kasih kepada para penggemar atas kehidupan yang begitu indah dan saya bersyukur kepada Tuhan atas semua itu. Tuhan memberkati Anda. Terima kasih banyak."

Para penggemar menyampaikan rasa hormat mereka kepada legenda rock 'n' roll Chuck Berry, 9 April 2017, di St. Louis.
Para penggemar menyampaikan rasa hormat mereka kepada legenda rock 'n' roll Chuck Berry, 9 April 2017, di St. Louis.

Berry adalah salah seorang musisi paling berpengaruh di Amerika. Sebagai seorang penyanyi, penulis lagu dan gitaris, ia adalah pelopor musik rock 'n' roll.

Berry mengarang lagu-lagu terkenal seperti "Johnny B. Goode," "Roll Over Beethoven" dan "Sweet Little Sixteen," yang menjadi beberapa lagu Amerika yang paling abadi pada abad ke-20.

Dunia juga kehilangan Liu Xiaobo, kritikus sastra China, penulis, aktivis HAM dan peraih Nobel Perdamaian yang menyerukan reformasi politik. Pada tahun 2009, ia ditangkap atas tuduhan terlibat kegiatan yang dirancang untuk menggulingkan pemerintah dan dijatuhi hukuman 11 tahun penjara.

Sebagai penasihat keamanan nasional mantan presiden Jimmy Carter, diplomat Amerika keturunan Polandia Zbigniew Brzezinski membantu mengatasi hambatan ekonomi antara Uni Soviet, China dan Barat.

"Akan tiba waktu yang menuntut hal terbaik dari kita, tidak hanya secara intelektual, tapi secara moral, dan saya berjanji untuk memberikan semua semampu saya untuk kedua bidang itu," ujarnya.

Pendiri pusaka kerajaan hiburan bagi orang dewasa Playboy Hugh Hefner dikenal dengan piyama sutranya dan majalah yang memamerkan wanita-wanita cantik.

Pendiri majalah Playboy, Hugh Hefner, berpose di istana Playboy di Los Angeles, California, 27 Juli 2010 (foto: REUTERS/Lucy Nicholson/Foto Arsip)
Pendiri majalah Playboy, Hugh Hefner, berpose di istana Playboy di Los Angeles, California, 27 Juli 2010 (foto: REUTERS/Lucy Nicholson/Foto Arsip)

Tahun 2015, majalah itu mengumumkan tidak lagi menampilkan wanita yang berpose telanjang sepenuhnya, perubahan besar untuk majalah yang diciptakan Hefner tahun 1953.

Dunia komedi juga kehilangan beberapa ikon terbesarnya tahun ini: Don Rickles, yang dikenal sebagai "Mr. Warmth" karena lawakannya yang sarkastis dan legenda komedi serta aktivis hak sipil Dick Gregory.

Salah seorang aktris Amerika yang paling dicintai, Mary Tyler Moore, dan Roger Moore yang terkenal sebagai agen 007 juga termasuk bintang yang meninggal pada 2017. [my/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG