Tautan-tautan Akses

Hewan Peliharaan Mendapat Percikan Air Suci dalam Perayaan Santo Roch di Bolivia


Pendeta Katolik Justino Limachi memberkati anjing dalam Misa di paroki Cuerpo de Cristo untuk merayakan pesta San Roque, santo pelindung anjing, di El Alto, Bolivia, Senin, 16 Agustus 2021. (Foto: AP/Juan Karita)

Sejumlah warga Bolivia membawa hewan peliharaan mereka untuk mengikuti misa di sebuah gereja kecil untuk merayakan Hari Santo Roch. Dalam misa tersebut, hewan-hewan peliharaan itu ikut didoakan dan mendapat percikan air suci.

Warga Bolivia memperingati Hari Santo Roch pada Senin (16/8), seorang santo yang dikenal memberi perlindungan kepada anjing-anjing.

Justino Limachi, seorang pastor gereja Katolik Roma tampak sedang memimpin sebuah misa khusus di luar ruangan gereja Cuerpo de Cristo, sebuah gereja kecil yang terletak di kota El Alto, Bolivia, untuk merayakan Hari Santo Roch.

"Dalam perayaan bagi hewan-hewan ini, kami bersyukur kepada Tuhan karena dapat berdoa bersama-sama dengan Santo Roch dan meminta berkat bagi hewan-hewan kecil kami ini, yang merupakan teman kami di dalam rumah," katanya.

Para pemilik hewan membawa anjing dan kucing peliharaan mereka untuk mendapat percikan air suci.

Seorang wanita dan anjingnya menghadiri Misa pada Hari Anjing, di El Alto, Bolivia, Sabtu, 16 Agustus 2014. (Foto: AP/Juan Karita)
Seorang wanita dan anjingnya menghadiri Misa pada Hari Anjing, di El Alto, Bolivia, Sabtu, 16 Agustus 2014. (Foto: AP/Juan Karita)

Maria Isabel Flores, salah seorang jemaat mengikuti misa tersebut bersama hewan peliharaannya.

"Bukan saja ini merupakan sebuah tradisi, namun hewan-hewan peliharaan adalah makhluk hidup yang juga membutuhkan kasih sayang seperti kita. Selain sebagai teman setia kita, kita juga harus merawat mereka seperti layaknya anak sendiri," kata Maria Isabel.

Maria Tarqui juga tidak melewatkan misa tersebut. Ia mengikuti misa tersebut bersama anjingnya.

Pastor Sebastian Obermaier memberkati seekor anjing dengan air suci selama Hari Anjing, setelah merayakan Misa di El Alto, Bolivia, Sabtu, 16 Agustus 2014. (Foto: AP/Juan Karita)
Pastor Sebastian Obermaier memberkati seekor anjing dengan air suci selama Hari Anjing, setelah merayakan Misa di El Alto, Bolivia, Sabtu, 16 Agustus 2014. (Foto: AP/Juan Karita)

"Ini merupakan kesempatan untuk berdoa pada Hari Santo Roch. Kami merasa bahagia. Kami meminta Santo Roch untuk merawat anjing kami dan menjaganya agar tetap sehat, seperti kami juga," katanya.

Puluhan warga bersama hewan peliharaannya tampak bahagia mengikuti Misa yang dilakukan di halaman gereja itu, termasuk di antaranya Israel Huanca, pemilik seekor anjing.

"Semoga Tuhan terus menyertai kami dan semoga Tuhan memberkati kita semua dan anjing kecil kami, yang sangat kami sayangi di rumah," kata Israel Huanca​.

Pastor Limachi juga mendoakan ribuan hewan terlantar yang berada di jalan-jalan kota tersebut.

Santo Roch atau San Roque dilahirkan di Perancis sekitar tahun 1295.

Menurut tradisi, hidup Santo Roch diselamatkan oleh seekor anjing yang membawakannya makanan ketika ia terjangkit wabah. [lj/ka]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG