Tautan-tautan Akses

Gempa 7 SR Guncang Dekat Pangkalan Chili di Antartika


Foto kantor pers angkatan udara Chili ini menunjukkan pangkalan Eduardo Frei Antartika, di Semenanjung Fildes, sebelah barat pulau King George, pada 10 Mei 2020. (Foto: AFP)

Sebuah gempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter terjadi pada Sabtu (23/1) di lepas pantai Antartika. Pihak berwenang, sebagaimana dikutip dari AFP, mengeluarkan peringatan tsunami untuk pangkalan Eduardo Frei Chili di wilayah yang dingin itu, kata para petugas darurat.

Gempa itu mengguncang pada pukul 20:36 waktu setempat sekitar 210 kilometer di sebelah timur pangkalan itu pada kedalaman 10 kilometer, kata Kantor Darurat Nasional Chili (Onemi). Mereka mendesak evakuasi dari "wilayah pantai Antartika" menjelang kemungkinan terjadinya tsunami.

Pangkalan Angkatan Udara itu adalah pangkalan Chili yang terbesar di Antartika. Di tempat itu terdapat sebuah desa, rumah sakit, sekolah, bank kantor pos dan gereja.

Populasi terbanyak pada musim panas adalah 150 orang, dan populasi rata-rata pada musim dingin adalah 80.

Sebuah gempa tak terkait berkekuaran 5.9 mengguncang dekat Santiago Sabtu malam (23/1), tapi Onemi mengatakan tidak ada laporan mengenai kerusakan atau dampak yang signifikan. [vm/ah]

Recommended

XS
SM
MD
LG