Tautan-tautan Akses

Sisa-sisa Predator Laut "Jurassic" Ditemukan di Chili


Ahli biologi Chili Cristiana Dorador dan Jonathan Garcia mencari sampel batuan untuk menganalisisnya di Yungay, Gurun Atacama, sekitar 80 kilometer selatan Antofagasta, Chili pada 7 Maret 2017, sebagai ilustrasi. (Foto: AFP)

Para ilmuwan menemukan sisa-sisa predator laut zaman "Jurassic" yang menyerupai paus pembunuh di Atacama, gurun terkering di dunia yang berada di Chili.

Kantor berita Reuters, Jumat (25/9), melaporkan peneliti Universitas Chile mengatakan pliosaurus adalah reptil yang hidup sekitar 160 juta tahun yang lalu. Ia memiliki gigitan yang lebih kuat daripada Tyrannosaurus rex. Menurut catatan, fosil tersebut merupakan fosil tertua kedua dari spesies ini yang berada di belahan bumi selatan.

Sebagian besar Gurun Atacama, Chili, dulu terendam di bawah Samudra Pasifik. Namun, daerah tersebut sekarang menjadi bentangan pasir dan batu dengan bagian yang tidak tersentuh hujan selama bertahun-tahun. Pliosaurus menguasai wilayah itu, dengan tengkorak besar, wajah memanjang, leher pendek, gigi mengancam pada tubuh hidrodinamik dan tungkai seperti sirip.

Para ilmuwan menemukan pecahan rahang, gigi, dan anggota tubuh makhluk itu yang "secara ekologis mirip" dengan paus pembunuh. Fosil tersebut ditemukan di dua lokasi di lembah sungai Loa dekat kota pertambangan Calama. [ah]

XS
SM
MD
LG