Tautan-tautan Akses

Cerita Viral Jokowi dan Prabowo Bersatu Nonton "Endgame" di Ilustrasi Komik Faktap


Ilustrasi "Indonesia Assemble" dari Komik Faktap yang digambar oleh komikus Iskandar Salim (dok: Komik Faktap)

Lelah dengan suhu politik Indonesia belakangan ini, @komikfaktap di Instagram mengeluarkan ilustrasi yang 'ngademin' dan mengajak rakyat Indonesia bersatu. Ilustrasi tersebut menggambarkan presiden Jokowi, Prabowo, dan beberapa tokoh lain nonton bareng film "Avengers: Endgame." Bagaimana menurutmu?

Salah satu ilustrasi terbaru dari @komikfaktap di Instagram mendadak viral dan menjadi perbincangan hangat. Terlihat dalam ilustrasi tersebut, Jokowi dan Prabowo, serta sederetan petinggi pemerintahan dan tokoh dominan dalam pilpres 2019 tengah bersama-sama nonton film produksi Marvel, “Avengers: Endgame,” yang hingga di minggu ke-3 setelah tanggal perilisannya masih menduduki posisi nomor satu di Box Office Amerika.

Pandangan mata langsung tertuju ke tengah yang adalah barisan paling dahsyat, di mana presiden Joko Widodo dan calon presiden Prabowo bersama Bobby the Cat, duduk bersebelahan. Sosok Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno juga digambarkan tengah duduk di barisan tersebut

Terlihat pula dalam ilustrasi ini mantan presiden Megawati dan SBY, menteri keuangan Sri Mulyani, menteri kelautan dan perikanan Susi Pudjiastuti, walikota Surabaya Tri Rismaharini, Surya Paloh, Rhoma Irama, bahkan tokoh-tokoh kontroversial seperti Ahmad Dhani yang kini berada di penjara karena kasus ujaran kebencian, dan Ratna Sarumpaet yang terlibat kasus hoax.

Tidak kalah seru, di barisan terdepan terlihat sosok putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, duduk bersama Jan Ethes, cucu Jokowi dari putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka.

Komikus Iskandar Salim di Indonesia (Dok: Iskandar Salim)
Komikus Iskandar Salim di Indonesia (Dok: Iskandar Salim)

Kepada VOA Indonesia, komikus Iskandar Salim yang juga adalah pemilik akun @komikfaktap mengatakan bahwa ia memang berniat untuk menggambar sesuatu tentang pilpres dan juga film “Avengers: Endgame” yang memang sudah sangat dinanti. Namun, karena waktunya berdekatan, ia kemudian memutuskan untuk menyatukan kedua tema tersebut.

“Kebetulan pas dapat idenya, saya pikir pilpres itu kan, hawanya juga panas di medsos dan sebagainya. Sedangkan kalo Avengers itu kan lebih ke kayak hiburan yang sudah ditunggu-tunggu sama fans. Jadi saya pikir, kenapa nggak digabungin aja gitu? Di mashed up,” ujar Iskandar Salim.

Mengingat perdebatan dan suhu politik yang terus memanas dan telah membuatnya lelah, Iskandar menggambar para tokoh ini yang kemudian tengah beristirahat sejenak sambil nonton film “Avengers: Endgame.”

“Menurut saya seharusnya ya sudah, di puncaknya pas pilpres itu. Seharusnya ya kita agak cooling down-lah. Maksudnya di balik semua pertentangan yang ada, kubu-kubuan yang ada, pada dasarnya sebenarnya kan kita juga sama-sama Indonesia,” tambah komikus kelahiran tahun 1974 ini.

Iskandar mengibaratkan jika dalam film Avengers biasanya ada seruan “Avengers Assemble” dari Captain America saat mau mempersatukan teman-temannya, ilustrasinya ini memiliki makna yang sama.

“Menurut saya Indonesia juga assemble gitu, bergabung lagi,” katanya.

Saat artikel ini ditulis, ilustrasi ini di Instagram sudah disukai lebih dari 27 ribu orang. Kolom komentar untuk sementara ditutup oleh Iskandar karena takut ada spoiler. Ilustrasi ini juga diunggah di akun @komikfaktap di Twitter dan sudah disukai sebanyak 2.000 kali.

VOA Executive Lounge: "Karya Viral Bertema End Game dan Pilpres Iskandar Salim" (1)
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:06:38 0:00

Pria yang mulai terjun ke dunia komik tahun 2015 ini mengatakan, ilustrasi ini banyak mendapat komentar dan sambutan yang positif dari orang-orang yang memiliki pikiran yang sama dengannya mengenai suhu politik di Indonesia saat ini.

“Ini ‘ngademin’ gitu kan, mengajak untuk ya sudahlah, kita sudah sama-sama capek, juga sama-sama Indonesia. Sudahlah. Saya melihat beberapa komentar dan yang lika juga datang dari masing-masing kubu juga,” ujar lulusan S1 Universitas Trisakti jurusan Desain Komunikasi Visual ini.

Para warganet di Twitter ikut ramai menanggapi gambar ini dengan positif, termasuk Editor-in-Chief Billboard Indonesia, Adib Hidayat.

Kekompakan Jokowi dan Prabowo dalam ilustrasi ini pun dipuji oleh warganet.

Para pemerhati Bobby the Cat pun ikut berkicau di Twitter.

Pesan yang juga ingin disampaikan oleh Iskandar melalui ilustrasi ini adalah agar kedua kubu yang ‘sama-sama satu Indonesia’ dapat tetap kompak, seperti halnya Jokowi dan Prabowo yang tengah duduk dan menikmati nonton bersama.

“Seperti saya tulis di caption juga kan hidup itu nggak cuman pilpres. Masih banyak hal-hal lain yang harus kita pikirkan juga,” tambahnya.

Hingga kini Iskandar mengaku belum mendapat tanggapan langsung dari para tokoh yang ia gambar. Namun, seorang teman menyampaikan bahwa ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Amin, Erick Thohir, ingin memesan versi cetaknya.

Akun @komikfaktap memang sering mengeluarkan ilustrasi yang berhubungan dengan isu terkini, terutama di Indonesia. Selain ilustrasi “Indonesia Assemble” tadi, belum lama ini @komikfaktap juga mengeluarkan ilustrasi bertema aksi “People Power” yang tengah ramai dibicarakan.

Untuk ke depannya, Iskandar mengatakan akan terus berkarya.

Hopefully sih yang lebih positif juga sih, komik-komik yang lebih positif,” ujarnya menutup wawancara dengan VOA. (di)

Recommended

XS
SM
MD
LG