Tautan-tautan Akses

Calon dari Kasta Terendah Terpilih Jadi Presiden India


ARSIP – Ram Nath Kovind, tengah, melambaikan tangannya kepada media saat tiba di Bandara New Delhi, India (foto: AP Photo/Tsering Topgyal)

Calon presiden dari kasta rendah pilihan langsung Partai Baratiya Janata diperkirakan akan tampil menjadi presiden baru India dan mengunci cengkeraman partai nasionalis Hindu itu pada kekuasaan.

Calon dimaksud – Ram Nath Kovind – diperkirakan akan memenangkan jabatan tertinggi meskipun umumnya jabatan itu hanya bersifat seremonial menyusul pemilihan oleh anggota Parlemen hari Senin.

Pilihan atas Kovind yang berumur 71 tahun dan berprofil rendah dipandang sebagai siasat partai Perdana Menteri Narendra Modi untuk merebut hati masyarakat DALIT atau kasta rendah sebelum pemilihan umum tahun 2019.

Kovind yang pernah dua kali menjadi anggota Parlemen dan bekas gubernur negarabagian Bihar memang berasal dari golongan Hindu nasionalis.

Saingannya adalah Meira Kumar, namun Kovind calon terkuat karena didukung mayoritas anggota Dewan Perwakilan Daerah maupun Pusat yang adalah Dewan Pemilih yang memilih presiden.

Perdana Menteri Modi, yang pertama memberikan suara di Parlemen, menyebut Kovind “suara kuat bagi yang miskin, terinjak dan terpinggirkan”.

Tampilnya Kovind sebagai calon mengejutkan karena ia bukan politisi kawakan nasional layaknya para pendahulunya seperti Presiden Pranab Mukherjee. Tetapi upaya mengusungnya menduduki jabatan tertinggi negara dianggap langkah cerdik Partai Baratiya Janata yang berulangkali menonjolkan kredensinya sebagai lambang masyarakat kasta rendah. [ps/al]

XS
SM
MD
LG