Tautan-tautan Akses

AS Tingkatkan Tekanan Terhadap Militan Kashmir di India


Syed Salahuddin, pemimpin militan Kashmir 'Hizbul Mujahideen' yang berbasis di Pakistan (foto: dok).

Departemen Luar Negeri AS telah menyatakan Syed Salahuddin, pemimpin Hizbul Mujahideen yang berbasis di Pakistan, sebagai “teroris global,” dan menjatuhkan sanksi-sanksi baru yang bertujuan menekan organisasinya, salah satu kelompok militan besar yang melawan pemerintahan India di Kashmir.

Deplu AS mengatakan pemimpin militan itu adalah orang yang berisiko melakukan aksi terorisme yang mengancam keamanan warga AS, atau keamanan nasional, kebijakan luar negeri, atau ekonomi AS.”

Pemerintah AS mengambil langkah itu hanya beberapa jam sebelum Perdana Menteri India Narendra Modi mengadakan pertemuan tatap muka dengan Presiden Donald Trump di Gedung Putih pada akhir Juni lalu.

Menurut India Express, Salahuddin telah “memainkan peranan penting dalam mendorong militansi di Kashmir selama 27 tahun terakhir.” Dia dikenal kerap memasok senjata dan melatih anggota-anggota muda baru dan menerjunkan mereka ke Kashmir untuk melakukan aktivitas militan, tambah harian yang berbasis di Mumbai itu. [vm/jm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG