Tautan-tautan Akses

Trump dan Modi Tingkatkan Kerjasama


PM India, Narendra Modi memeluk Presiden Donald Trump saat meninggalkan Gedung Putih, hari Senin, 26 Juni 2017, di Washington, D.C. (foto: AP Photo/Alex Brandon)

AS dan India berharap bekerjasama di bidang perlengkapan pertahanan dan teknologi mutakhir pada tingkat yang sesuai dengan sekutu dan mitra terdekat Amerika.

Presiden Trump dan Perdana Menteri India Narendra Modi berjanji bekerjasama meningkatkan keamanan dan hubungan dagang.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan Gedung Putih Senin petang, kedua negara ‘berharap bekerjasama di bidang perlengkapan pertahanan dan teknologi mutakhir pada tingkat yang sesuai dengan sekutu dan mitra terdekat Amerika.

Menyebut pembicaraannya dengan Trump ‘sangat berhasil dan sangat bermanfaat.’ Modi memeluk Trump seusai keduanya membacakan pernyataan masing-masing di Taman Mawar Gedung Putih. Mereka tidak menerima pertanyaan dari wartawan.

Modi juga mengumumkan peningkatan kerjasama dalam memerangi terorisme termasuk dalam berbagi informasi intelijen.

Modi berkata ‘prioritas Presiden Trump dan dia adalah melindungi kedua masyarakat dari tantangan global seperti terorisme, dan tujuan kedua mereka, adalah memperkuat hubungan antara India dan Amerika, dua negara demokrasi terbesar di dunia.

Presiden Trump mengatakan, India dan Amerika bisa memberi contoh kepada banyak negara lain dan membuat kemajuan besar dalam mengalahkan musuh bersama. “Kami akan menghancurkan terorisme Islam radikal “ ujar Trump. [ps/al]

XS
SM
MD
LG