Tautan-tautan Akses

Bom Bunuh Diri Tewaskan 6 Polisi di Afghanistan Selatan


Petugas keamanan Afghanistan berkumpul di lokasi serangan bunuh diri di sebuah kompleks polisi di distrik Maiwand, provinsi Kandahar, 22 Desember 2017.

Para pejabat Afghanistan mengatakan pemboman bunuh diri Jumat pagi menewaskan sedikitnya enam polisi dan melukai 10 lainnya, termasuk seorang komandan di provinsi Kandahar, Afghanistan selatan.

Pelaku menabrakkan Humvee, yakni kendaraan militer roda empat, yang dipenuhi bahan peledak, ke sebuah kantor polisi di distrik Maiwand. Ledakan besar menyebabkan kerusakan fasilitas itu dan rumah-rumah warga sipil di sekitarnya, kata Sultan Mohammad, komandan polisi regional, kepada VOA.

“Penjaga keamanan yang ditempatkan di pintu masuk pertama mencegat Humvee itu, yang memuat sekitar 3.000 kilogram bahan peledak, dan melepaskan tembakan untuk menghentikannya, tetapi pembom berhasil mencapai gerbang kedua sebelum meledakkan bahan peledak tersebut," tambahnya.

Taliban segera mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Mohammad mengakui bahwa pemberontak Taliban dalam pertempuran baru-baru ini di Kandahar dan di provinsi tetangganya, Helmand, telah merebut sejumlah Humvee dan sering menggunakannya dalam serangan bunuh diri terhadap pasukan Afghanistan.

Sumber-sumber polisi setempat mengatakan jumlah korban tewas lebih tinggi daripada angka yang dikeluarkan secara resmi.

Serangan hari Jumat itu (22/12) terjadi beberapa jam setelah Wakil Presiden Amerika Mike Pence melakukan kunjungan mendadak ke Afghanistan di mana dia berbicara dengan tentara Amerika di Pangkalan Udara Bagram dan berterima kasih atas jasa mereka. [lt]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG