Tautan-tautan Akses

Serangan Bunuh Diri Tewaskan Pejabat Polisi di Pakistan


Petugas keamanan Pakistan memeriksa lokasi serangan bom di Chaman, dekat perbatasan Afghanistan (foto: dok). Ledakan terbaru di Chaman menewaskan seorang kepala polisi setempat.

Apa yang dicurigai ledakan bunuh diri di Pakistan barat daya hari Senin (10/7) menewaskan seorang kepala kepolisian distrik bersama pengawal keamanannya dan seorang warga sipil yang kebetulan sedang lewat di dekatnya.

Kelompok Taliban Pakistan dengan segera mengaku bertanggung-jawab atas serangan di kota Chaman dekat perbatasan Afghanistan itu, dengan mengatakan si pembom adalah seorang anggotanya.

Kepala polisi yang tewas itu, Sajid Khan Mohmand, sedang naik kendaraan ke kantornya dan kemacetan lalu-lintas memperlambat kendaraannya di sebuah jalan yang sempit dan ramai ketika seorang pembom bunuh diri yang mengendarai sepeda motor menyerangnya, kata para saksi mata.

Pihak berwenang telah memungut bagian-bagian tubuh yang dicurigai penyerang dari tempat itu tetapi belum menentukan dengan pasti sifat serangan tersebut.

“Penyelidikan sedang berlangsung tetapi kemungkinan besar ini adalah serangan bunuh diri,” kata asisten komisaris daerah itu, Kashif Bukhari. Ia mengukuhkan bahwa seorang anggota polisi dan orang yang kebetulan lewat juga termasuk di antara 12 orang yang luka dalam serangan itu.

Kekerasan itu terjadi setelah sebuah bom rakitan pinggir jalan menghantam konvoi keamanan di daerah suku terpencil Kurram yang semi-otonom di bagian barat laut Pakistan, menewaskan paling sedikit dua polisi perbatasan.

Taliban Pakistan juga mengaku bertanggung jawab atas perencanaan serangan itu, dan mengklaim serangan itu menewaskan tujuh orang petugas keamanan, namun militant sering membesar-besarkan jumlah korban.

Kurram juga terletak di perbatasan Afghanistan dan telah sering menderita serangan militan. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG