Tautan-tautan Akses

Senator-senator AS Kunjungi Pakistan, Bahas Perdamaian dan Kontra-Terorisme


Anggota Kongres AS dipimpin oleh Senator John McCain, berpose dengan pilot-pilot Dragon dari Angkatan Udara Pakistan di Miramshah, Waziristan utara, Pakistan, 3 Juli 2016. (@SenJohnMcCain)

Sekelompok tokoh penting Senat Amerika Serikat yang dipimpin Senator John McCain mengunjungi Pakistan. Di sana mereka bertemu dengan para pejabat tinggi pemerintah dan militer untuk membahas ikatan bilateral, kerja sama kontra-terorisme, dan upaya untuk memajukan perdamaian dan keamanan di Afghanistan.

Kunjungan itu dilakukan ketika pemerintahan Presiden Donald Trump bersiap-siap untuk mengungkap strategi perang Afghanistan yang baru bulan ini di tengah tuduhan bahwa tempat-tempat perlindungan di Pakistan membantu Taliban bertahan dan mengintensifkan pergolakan.

Para senator Amerika Serikat itu mengadakan perundingan ekstensif di kementerian luar negeri, di mana pihak Pakistan dipimpin penasihat kebijakan luar negeri Sartaj Aziz, kata pernyataan resmi setelah pertemuan itu.

Dikatakan, Aziz menjelaskan kepada delegasi tentang keberhasilan pasukan keamanan Pakistan melawan terorisme dan memberitahu mereka “bahwa jaringan teroris itu telah dibongkar dan tempat-tempat perlindungan mereka dihapuskan.”

Dugaan keterkaitan antara Pakistan dengan Taliban Afghanistan dan jaringan Haqqni telah lama menjadi sumber ketegangan dengan Amerika Serikat.

Tuduhan itu juga telah membuat hubungan antara Pakistan dan Afghanistan tegang, meskipun para pejabat Pakistan telah membantahnya. [vm/jm]

XS
SM
MD
LG