Tautan-tautan Akses

AS

Beberapa Wilayah Texas Mulai Upaya Pemulihan


Seorang warga Houston tengah membersihkan rumahnya yang terkena banjir akibat Badai Tropis Harvey, 30 Agustus 2017. (Foto: VOA/Celia Mendoza).

Sisa-sisa Badai Harvey membawa hujan lebat di Louisiana, Kamis (31/8), menyebabkan kawasan banjir di Texas Timur mulai kering namun masih terancam oleh banyaknya air yang terakumulasi sewaktu badai itu melintasi kawasan tersebut selama berhari-hari.

Para pakar cuaca memperkirakan beberapa bagian Louisiana akan diguyur hujan dengan curah 10 hingga 20 sentimeter hari Kamis, sementara badai terus bergerak ke pedalaman, menuju negara bagian Arkansas, Mississippi, Tennessee dan Kentucky.

Pusat Badai Nasional menyatakan bahwa meskipun tidak ada lagi risiko datangnya lagi hujan terhadap kota Houston, “banjir dahsyat dan mengancam jiwa” masih akan berlanjut di sana serta di Beaumont, Texas, dan Lousiana Baratdaya hingga sisa pekan ini.

Beaumont, Kamis pagi (31/8) mengumumkan bahwa karena banjir, sistem pengadaan airnya rusak, dan bahwa kota itu harus menunggu hingga banjir surut sebelum para petugas dapat memperbaikinya. “Tidak ada cara untuk memastikan berapa lama ini akan berlangsung,” sebut pernyataan itu.

Di Houston, di mana beberapa bagian kota metropolitannya diguyur hujan dengan curah 130 sentimenter, dinas kota hari Kamis memulai lagi kegiatan reguler pengambilan sampah serta pengoperasian bus dan kereta dengan jadwal terbatas. Penerbangan keluar masuk dua bandara utama Houston telah dimulai kembali hari Rabu. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG