Tautan-tautan Akses

AS

Badai Harvey Akibatkan Tanah Longsor lagi


Badai Harvey bergerak ke pedalaman dan membawa hujan lebat ke Louisiana, seperti terlihat banjir menggenangi jalanan di kota Iowa, Louisiana, Rabu (30/8).

Lima hari setelah badai Harvey menerjang daratan sebagai badai terganas yang melanda Amerika dalam 13 tahun, badai yang kini berobah menjadi badai tropis itu masih menerjang bagian Texas dan Louisiana dengan hujan lebat.

Menurut ramalan dari National Weather Service, awan telah menjulang di atas wilayah Houston sejak Harvey menerjang dan ini membuat sinar matahari menerangi alam.

Badai Harvey menghantam lagi Rabu dini hari, kali ini di Louisiana barat daya. Masyarakat di sepanjang perbatasan Texas-Louisiana, termasuk Port Arthur, Texas, semakin terguyur hujan. Badai diperkirakan akan bergerak ke pedalaman, membawa hujan lebat ke Louisiana, sebelum menuju ke utara ke Arkansas, Tennessee, dan sebagian Missouri.

Sejauh ini, curah hujan tertinggi yang tercatat sedikit di bawah rekor bagi satu badai tropis. Curah hujan di Cedar Bayou, dekat Mont Belvieu, Texas, mencapai 132 sentimeter pada pukul 3.30 Selasa petang.

Sedikitnya tercatat 18 tewas, dan pihak berwenang khawatir akan lebih banyak mayat ditemukan ketika air banjir mulai surut. [ps/al]

XS
SM
MD
LG