Tautan-tautan Akses

AS

Harvey Perlahan Tinggalkan Texas, Banjir Masih Belum Teratasi


Grant Lu (L) dan Naomi Pringle berdiri di tempat parkir banjir di kampus Rice University di Houston, Texas yang terendam banjir air akibat hantaman badai tropis Harvey, 27 Agustus 2017. (Foto: Scott Olson/Getty Images/AFP).

Warga kota Houston, Rabu (30/8), akhirnya bisa sedikit bernafas lega karena Badai Tropis Harvey bergerak menjauh dari Texas timur dan mendarat di negara bagian tetangganya, Louisiana.

Para peramal cuaca memperkirakan, Rabu ini (30/8), kawasan Houston masih akan mendapat curah hujan dua sentimeter, namun langit akan cerah dan cuaca akan panas pada hari Jumat.

Houston saat ini masih harus berurusan dengan banjir yang menyebar luas akibat badai yang bergerak pelan itu. Badai tersebut telah mencurahkan hujan lebih dari 130 sentimeter di sejumlah tempat sejak pekan lalu.

Pusat Pengawasan Badai Nasional AS mengatakan badai itu akan menjatuhkan curah hujan 15 hingga 30 sentimeter di Lousiana barat daya sewaktu bergerak semakin memasuki daratan.

Para pejabat daerah dan negara bagian di Texas mengatakan, tim-tim SAR telah menyelamatkan lebih dari 13 ribu orang dari rumah-rumah yang kebanjiran, dan ribuan lainnya terpaksa tinggal di tempat-tempat penampungan yang dibangundi Pusat Konvensi Houston – arena tempat berlatih tim basket Houston Rockets dan tim football Houston Texas.

Dengan banyaknya orang yang terpaksa mengungsi dan laporan-laporan adanya penjarahan, Walikota Houston Sylvester Turner memberlakukan jam malam mulai Rabu pagi untuk mencegah terjadinya tindakan-tindakan kriminal yang tidak diinginkan. Jumlah korban tewas akibat badai Harvey sedikitnya 13 orang, namun sejumlah media berita menyebutkan angka tersebut kini mencapai 18 orang. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG