Tautan-tautan Akses

AS

Badai Tropis Harvey Bergerak ke Louisiana


Permukiman warga terendam air akibat badai tropis Harvey di kota Spring, Texas (29/8).

Kota Houston akhirnya sedikit lega hari Rabu karena badai tropis Harvey bergerak dari Texas timur ke Louisiana, tetangga Texas. Tetapi, Walikota Houston Sylvester Turner mengingatkan bahwa hujan yang mereda tidak berarti masalah telah berakhir.

"Hari Kamis keadaan membaik dua atau tiga hari, jika keadaan berjalan seperti adanya. Jadi itu kabar baik. Tetapi satu triliun galon air hujan masih harus pergi dari sini sedang waduk dan danau di seluruh wilayah akan mengakibatkan banjir. Kami tahu keduanya menimbulkan banjir, jadi kami belum lepas dari bencana banjir meskipun langit sudah cerah," kata Turner.

Bersamaan dengan banjir itu datang ribuan petugas penyelamatan dan relawan yang bekerja sepanjang waktu menyelamatkan orang. Ribuan pengungsi lagi mencari perlindungan di sebuah gereja besar Houston.

"Anda tahu pintu gereja kita selalu terbuka, saya kira pada mulanya gereja ini juga akan terkena banjir. Kita memiliki pintu air yang besar, yang sangat dekat. Anda tahu kita tidak memiliki staf di sini pada waktu yang tepat. Kami selalu bekerja sama dengan kota. Kalau kota mengatakan memerlukan tempat penampungan, kami mengatakan bahwa kami siap menyediakannya," kata Pastor Joel Osteen, pemimpin gereja di Lakewood, Texas.

Osteen menambahkan, "Kami tidak memiliki siapa pun untuk melindungi staf kami, tidak ada seorang pun di gedung itu, kecuali beberapa petugas keamanan. Tetapi dugaan bahwa kami akan menolak orang…. itu tidak benar, hanya orang yang tidak suka pada kami yang bilang begitu. Kami di sini sudah selama 60 tahun. Kami di sini untuk menolong orang."

Gereja di Lakewood, Texas terbuka untuk pengungsi badai Harvey yang memerlukan tempat penampungan.
Gereja di Lakewood, Texas terbuka untuk pengungsi badai Harvey yang memerlukan tempat penampungan.

Presiden Trump berada di Texas hari Selasa, menjanjikan bantuan untuk penduduk Texas, dan memuji kemitraan dengan para pejabat negara bagian dan kota.

Presiden Trump mengatakan bahwa pemerintahannya dan Kongres AS akan mengusahakan "penyelesaian yang tepat" untuk membantu korban badai Harvey.

Presiden Trump tidak mengunjungi Houston, di mana usaha pemulihan dan penampungan korban banjir saat ini terpusat, untuk menghindari upaya penyelamatan tidak terganggu.

Tetapi para pejabat Gedung Putih mengatakan bahwa presiden Trump berencana untuk kembali ke Texas dan mungkin ke Louisiana seawal hari Sabtu untuk melihat bagaimana upaya pemulihan berjalan.

Hingga kini, badai itu telah mengakibatkan paling sedikit sembilan korban jiwa. [sp/al]

XS
SM
MD
LG