Tautan-tautan Akses

Analis: Senjata Sitaan Tunjukkan Keterlibatan Mendalam Iran dalam Perang Yaman


Seorang pejuang pemberontak Houthi menembak ke udara selama pertemuan yang bertujuan memobilisasi lebih banyak pejuang untuk gerakan Houthi, di Sanaa, Yaman, Kamis, 1 Agustus 2019. (Foto: AP)

Penyitaan bagian-bagian rudal kendali yang diduga milik Iran oleh AS yang diperkirakan terkait dengan pemberontak di Yaman, menyoroti berlanjutnya keterlibatan Iran di negara yang dilanda perang itu, kata para ahli.

Para pejabat AS pada awal bulan ini mengatakan tim Angkatan Laut dan Penjaga Pantai AS menyita perahu kecil yang membawa senjata canggih di Laut Arab utara kepada pemberontak. Pemberontah tersebut didukung Iran di Yaman.

Iran belum mengomentari penyitaan senjata baru-baru ini oleh militer AS, tetapi sebelumnya negara tersebut telah membantah dugaan pengiriman senjata ke pemberontak Houthi.

Sebagian pakar yakin insiden tersebut menunjukkan peningkatan upaya Iran menentang kewajiban internasional. Selain itu juga membuat Yaman dan wilayah yang lebih luas tidak stabil.

"Ini adalah satu bukti tambahan bahwa Iran terus melanggar banyak resolusi Dewan Keamanan AS dalam ekspor senjata, yang tidak diperbolehkan," kata James Phillips, seorang peneliti senior di Heritage Foundation di Washington.

Resolusi PBB yang diadopsi pada 2007 melarang Iran memasok dan mengekspor senjata ke luar negari kecuali disetujui oleh Dewan Keamanan. Resolusi AS lainnya, yang diadopsi pada 2015, melarang pasokan senjata kepada pemberontak Houthi di Yaman. [my/ah]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG