Tautan-tautan Akses

AS Berharap Pertukaran Tahanan dengan Iran Menjurus ke Dialog Lebih Luas


Akademisi China-Amerika Xiyue Wang (kanan) bersama Perwakilan Khusus AS untuk Iran, Brian Hook di bandara Zurich, 7 Desember 2019. (Foto: dok)

Para pejabat tinggi Amerika mengatakan Washington berharap bahwa pertukaran tahanan baru-baru ini dengan Iran akan mengarah pada diskusi yang lebih luas. Dalam sebuah wawancara dengan VOA pada hari Rabu (11/12), Utusan Khusus Amerika untuk Iran, Brian Hook mengenang beberapa momen emosional ketika menyaksikan pembebasan akademisi Amerika Xiyue Wang, dan mengatakan Wang akan bekerja dengan pemerintah Amerika untuk memperoleh pembebasan semua tahanan Amerika dari Iran.

Amerika Serikat dan Iran melakukan pertukaran tahanan yang langka dalam beberapa hari terakhir di Swiss, suatu tindakan kerja sama antara dua negara yang hubungannya telah memburuk sejak Presiden Donald Trump memerintah.

Hari Rabu (11/12), Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo mengatakan Washington telah “memiliki beberapa indikasi” bahwa pertukaran baru-baru ini dapat membuka pintu untuk lebih banyak dialog. Menlu Pompeo mengungkapkan harapannya, “Saya berharap bahwa pertukaran tahanan yang telah dilakukan akan mengarah pada diskusi yang lebih luas tentang berbagai urusan konsuler. Masih ada orang-orang Amerika yang ditahan di Iran – terlalu banyak, itu pasti. Kami sedang berusaha untuk mencoba dan mengembangkan itu, untuk memperluas dialog, untuk menggunakan pertukaran tahanan ini sebagai kesempatan untuk melanjutkan upaya itu.”

Utusan Khusus Amerika untuk Iran Brian Hook mewakili Amerika dalam pertukaran tahanan tersebut, dan dia mengatakan pembebasan Xiyue Wang, kandidat Ph.D. yang dipenjara sejak 2016, diharapkan hanya merupakan titik awal.

Dia menambahkan, “Salah satu hal yang dijelaskan oleh Xiyue kepada saya adalah bahwa dia menginginkan semuanya keluar dari penjara Iran. Saya tahu bahwa dia akan bekerja membantu kami dan melakukan apapun yang bisa kami lakukan untuk membebaskan orang-orang seperti Bob Levinson, dan kemudian para Baquer Namazi dan lain-lainnya.”

Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif menyatakan lewat cuitan di Twitter minggu ini bahwa Iran sepenuhnya siap untuk melakukan pertukaran tahanan secara komprehensif. Sebagai tanggapan, Duta Besar Brian Hook mengatakan bahwa berbicara tentang kemungkinan dilakukannya pertukaran tahanan itu melalui media bukanlah langkah yang bermanfaat.

Duta Besar Brian Hook menjelaskan, “Kami kira tidak begitu membantu untuk melakukan segala jenis pembicaraan tentang tahanan di depan umum. Kami hanya mencoba melakukan ini dalam diplomasi yang tenang dan membawa pulang orang Amerika.”

Sementara itu, kampanye tekanan maksimum Amerika terhadap Iran terus berlanjut, dan Washington minggu ini mengumumkan sanksi-sanksi baru terhadap maskapai terbesar Iran dan jaringan pengiriman barangnya atas dugaan melakukan proliferasi. [lt/ab]

Lihat komentar (3)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG