Tautan-tautan Akses

AS

Trump Mengatakan Dunia ‘Harus Saksikan’ Kekerasan di Iran


Presiden AS Donald Trump dalam pertemuan dengan Sekjen NATO Jens Stoltenberg (tidak nampak dalam gambar) menjelang dimalinya KTT NATO di Watford, London, Inggris, 3 Desember 2019.

Presiden Amerika Donald Trump mengatakan dunia harus menyaksikan upaya keras pemerintah Iran untuk meredam protes yang telah menewaskan banyak orang.

Berbicara di London, di mana dia menghadiri KTT para pemimpin NATO, Presiden Trump mengatakan, Iran membunuh banyak orang bahkan selagi dia berbicara dengan wartawan saat itu.

Dia menambahkan mereka dibunuh “hanya karena faktanya mereka melakukan protes,” dan dia menyebutnya sebagai “hal yang mengerikan.”

Trump tidak menjawab pertanyaan mengenai apa, jika ada, yang bisa dilakukan oleh Amerika untuk menanggapi kekerasan itu, tetapi dia mengatakan, “Saya kira dunia harus menyaksikan.”

Amnesty International mengatakan pada hari Senin (2/12) bahwa pihaknya percaya sedikitnya 208 orang terbunuh dalam protes dan tindakan keras pemerintah menyusul protes-protes itu. Televisi pemerintah Iran, Selasa (3/12) mengakui untuk pertama kalinya bahwa pasukan keamanan menembak mati mereka yang digambarkannya sebagai “perusuh” di beberapa kota di tengah protes baru-baru ini terhadap lonjakan harga bensin yang ditetapkan oleh pemerintah.

Presiden Trump mendorong para wartawan “untuk masuk ke sana dan melihat sendiri apa yang terjadi,” dan mengatakan bahwa pemerintah Iran telah membatasi akses internet untuk mengekang penyebaran informasi tentang kekerasan yang terjadi. [lt/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG