Tautan-tautan Akses

17 Anak Termasuk dalam Korban Tewas Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang


Seorang anak laki-laki (tengah) digendong oleh anggota TNI yang berusaha mengamankan satdion ketika kisruh berlangsung selepas pertandingan sepak bola antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, pada 1 Oktober 2022. (Foto: AFP)
Seorang anak laki-laki (tengah) digendong oleh anggota TNI yang berusaha mengamankan satdion ketika kisruh berlangsung selepas pertandingan sepak bola antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, pada 1 Oktober 2022. (Foto: AFP)

Sejumlah pejabat melaporkan bahwa 17 anak-anak menjadi bagian di antara setidaknya 125 orang yang tewas dalam tragedi di stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada Sabtu (1/10) malam. Tekanan terhadap pemerintah Indonesia kini semakin memuncak untuk dapat menjelaskan bagaimana salah satu insiden terburuk di stadion di dunia itu bisa terjadi.

Kekerasan dan hooliganisme sejak dulu telah mencoreng sepak bola Indonesia, terutama di tempat-tempat seperti di ibu kota Jakarta. Namun, tragedi pada Sabtu (1/10), yang terjadi di Malang, Jawa Timur, membuat masalah tersebut semakin tersorot.

"Keluarga saya dan saya tidak menyangka akan seperti ini," kata Endah Wahyuni, kakak dari dua remaja laki-laki, Ahmad Cahyo, 15, dan Muhammad Farel, 14, yang tewas setelah terjebak dalam kekacauan pada Sabtu malam lalu.

"Mereka senang sepak bola, tapi tidak pernah menonton Arema secara langsung di stadion Kanjuruhan, itu pertama kalinya," katanya dalam pemakaman kedua adiknya pada Minggu (2/10).

Kedua remaja itu termasuk ke dalam 17 anak yang tewas, lapor kantor berita Antara, yang mengutip angka dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

"17 anak meninggal dan tujuh (kini dalam) perawatan, tapi ada kemungkinan angkanya bisa bertambah," kata Nahar, pejabat dari kementerian tersebut.

Koran Tempo pada Senin (3/10) menerbitkan sampul hitam bertuliskan "Tragedi Sepakbola Kita," serta nama-nama korban yang tewas.

Insiden mematikan itu terjadi ketika para penonton yang panik berusaha keluar dari stadion yang penuh sesak, setelah polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa pendukung tim yang kalah, yang menyerbu lapangan pada akhir pertandingan.

Tim tuan rumah Arema FC kalah 2-3 dari Persebaya Surabaya. Para pejabat mengatakan pendukung Persebaya tidak diberi tiket karena kekhawatiran soal keamanan.

Insiden itu merupakan "hari yang kelam bagi semua yang terlibat," kata FIFA, badan pengawas sepak bola dunia. FIFA meminta kepada Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk memberi laporan soal peristiwa itu.

Regulasi keamanan FIFA menyebut senjata api atau "gas pengontrol massa" tidak boleh digunakan dalam pertandingan.

Polisi dan para pejabat olahraga telah dikirim ke Malang untuk menyelidiki insiden yang termasuk ke dalam salah satu peristiwa di stadion yang paling mematikan di dunia.

"Semua yang bertanggung jawab harus menanggung tragedi ini, terlepas dari status atau posisi mereka," kata Phil Robertson, Wakil Direktur Asia Human Rights Watch pada Senin (3/10).

"Tak cukup bagi Polri dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia untuk melakukan penyelidikan sendiri, karena mereka mungkin berusaha mengecilkan atau meremehkan akuntabilitas bagi para pejabat yang terlibat," tambahnya dalam pernyataan. [vm/rs]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG