Tautan-tautan Akses

AS

Amerika Tidak Temukan Bukti Diplomatnya di Havana Korban Serangan


Senator Jeff Flake, dari Partai Republik, di gedung DPR di Washington, 4 Januari 2018.

Senator Partai Republik Jeff Flake dari Arizona, anggota Komite Hubungan Luar Negeri Senat, mengatakan Amerika tidak menemukan bukti bahwa diplomat Amerika di Havana adalah korban serangan dengan senjata yang tidak diketahui.

Senator Jeff Flake, seorang penganjur terkemuka pemulihan hubungan dengan Kuba, hari Sabtu pagi berbicara kepada kantor berita The Associated Press. Hari Jumat ia bertemu dengan pejabat tinggi Kuba termasuk Menteri Luar Negeri Bruno Rodriguez di Havana.

"Kementerian Dalam Negeri Kuba mengatakan FBI telah memberi tahu mereka bahwa tidak ada bukti serangan sonik, meskipun istilah serangan itu digunakan, tidak ada bukti mengenai hal itu. Terjadi sesuatu, kita tidak mengetahuinya. Tapi tidak ada bukti bahwa Pemerintah Kuba menyerang diplomat di sini."

Pejabat Kuba mengatakan kepada Flake bahwa setelah empat kali melakukan perjalanan ke Kuba, FBI memberi tahu agennya tidak menemukan bukti penyakit misterius yang diderita oleh diplomat Amerika adalah hasil serangan.

Flake mengatakan bahwa briefing rahasia dari pejabat Amerika membuatnya tidak beralasan untuk meragukan pernyataan Kuba, meskipun ia menolak untuk membahas isi briefing tersebut.

Amerika mengatakan 24 pejabat pemerintah Amerika dan suami atau istri mereka jatuh sakit di rumah-rumah mereka dan beberapa hotel di Havana mulai tahun 2016.

Menlu Rex Tillerson mengatakan "yakin bahwa ini adalah serangan yang ditargetkan," namun Amerika tidak tahu siapa yang berada di balik serangan tersebut.

Amerika telah menarik sebagian besar diplomatnya dari Havana, dengan alasan risiko kesehatan, dan memaksa banyak diplomat Kuba meninggalkan Washington. [my/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG