Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Trump Harap Pembicaraan Korut dan Korsel Berhasil


Presiden AS Donald Trump berbicara kepada media setelah pertemuan dengan partai Republik di Camp David, Maryland, 6 January 2018.

Presiden Amerika Donald Trump mengatakan ia berharap pembicaraan yang baru diatur antara Korea Utara dan Selatan akan membicarakan bukan hanya Olimpiade dan berjanji Amerika Serikat akan ikut pada saat yang tepat.

Trump mengadakan jumpa pers yang tidak biasa hari Sabtu (6/1) dari tempat peristirahatan presiden Camp David, di mana ia betemu dengan fraksi Republik dalam Kongres. Mengenai pembicaraan yang akan diadakan dalam waktu dekat antara Seoul dan Pyongyang, Trump mengatakan "saya harap pembicaraan itu berhasil."

"Saya menghendaki pembicaraan bukan hanya mengenai Olimpiade," katanya. "Dan pada saat yang tepat nanti," ia menambahkan, "kita akan ikut."

Presiden juga mengatakan bahwa ia telah berbicara dengan pemimpin Korea Selatan Moon Jae-in, "yang sangat berterima kasih kepada saya karena sikap saya yang keras."

"Kita harus mempunyai sikap tertentu dan kita harus bersedia melakukan hal-hal tertentu dan saya bersedia melakukannya," kata Trump, yang memberi indikasi bahwa ucapannya yang keras telah membantu membujuk Utara untuk melakukan pembicaraan dengan Selatan.

Belum lama ini, Trump dan Kim pernah saling menonjolkan persenjataan nuklir mereka. Hari Jumat Korea Utara menerima tawaran Korea Selatan melakukan pembicaraan tingkat tinggi mengenai Pertandingan Olimpiade dalam waktu dekat yang akan diadakan tanggal 9 Januari di desa gencatan senjata Panmunjom dalam zona bebas militer yang memisahkan kedua Korea. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG