Tautan-tautan Akses

Senator AS: Tidak Ada Bukti 'Serangan Ultrasonik' di Kuba


Kedutaan Besar Amerika di Havana, Kuba, 14 Agustus 2015. (Foto:Dok)

Senator Partai Republik Jeff Flake mengatakan Amerika tidak menemukan bukti bahwa diplomat Amerika di Havana adalah korban serangan senjata tak dikenal.

Flake, anggota Komisi Hubungan Luar Negeri Senat dan advokat terkemuka pemulihan hubungan Amerika dan Kuba, Jumat (5/1), bertemu pejabat tinggi Kuba termasuk Menteri Luar Negeri Bruno Rodriguez dan pejabat-pejabat Kementerian Dalam Negeri, yang mengawasi keamanan dalam negeri dan bekerja dengan badan-badan penegak hukum asing.

Pejabat-pejabat Kuba memberitahu Flake, FBI telah memberitahu mereka bahwa, setelah empat kali melakukan perjalanan ke Kuba, agen-agennya tidak menemukan bukti penyakit misterius yang diderita diplomat-diplomat Amerika adalah hasil serangan.

Kepada kantor berita the Associated Press, Sabtu (6/1) pagi, Flake mengatakan, informasi rahasia dari pejabat-pejabat Amerika membuatnya tidak punya alasan untuk meragukan apa yang dikatakan Kuba, meskipun ia menolak mengungkap isi informasi tersebut.

Pejabat-pejabat Kuba dan FBI tidak segera menanggapi permintaan komentar pada Sabtu (6/1).

Amerika mengatakan 24 pejabat pemerintahnya dan pasangan mereka jatuh sakit di Havana di rumah dan beberapa hotel yang mereka tempati mulai tahun 2016. [ka]

XS
SM
MD
LG