Tautan-tautan Akses

American Film Institute, Library of Congress Rayakan 50 Tahun Kemitraan


Morgan Freeman (kedua dari kanan) dalam perayaan 50 tahun kemitraan antara American Film Institute dan Libary of Congress, Selasa (14/11).

Pada malam bertabur bintang di Washington DC, The American Film Institute dan Library of Congress merayakan 50 tahun kemitraan mereka dalam melestarikan film.

Aktor Morgan Freeman, pendiri American Film Institute George Stevens dan pemimpin minoritas DPR Nancy Pelosi adalah beberapa tokoh yang ikut menghadiri perayaan setengah abad kemitraan tersebut.

“Saya pikir American Film Institute (AFI) penting bagi kita semua karena tujuan utama kita adalah melestarikan film Amerika,” ujar pemenang Oscar Morgan Freeman. Ia menghadiri acara itu sebagai wakil American Film Institute.

Ketika AFI memulai proses melestarikan film-film Amerika tahun 1967, kurang dari sepersepuluh film Amerika yang dibuat pada awal abad ke-20 yang masih bisa dilestarikan, ujar pendiri AFI George Stevens. “Dengan bekerjasama dengan Library of Congress, kami melakukan operasi pencarian, pengamanan dan perbaikan film-film tersebut. The Library of Congress telah mereproduksi film-film itu dalam tempat penyimpanan yang aman, dimana ada 37 ribu film koleksi AFI di Library of Congress,” ujarnya dengan bangga.

George Stevens memulai proses melelahkan itu ketika ia bekerja di US Information Agency – payung organisasi VOA ketika itu – di Washington DC. Ia bekerja di bawah koordinasi wartawan-radio Amerika Edward R. Murrow.

“Saya memimpin divisi film layar lebar dan bekerjasama dengan mitra-mitra saya seperti John Chancellor dan Henry Loomis yang mengelola Voice of America. Jadi saya merupakan mantan keluarga besar Anda,” ujar Stevens sambil tersenyum. [em/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG