Tautan-tautan Akses

Film "Detroit" Angkat Kisah Nyata Isu Rasial di AS 50 Tahun Lalu


Kathryn Bigelow, Sutradara film "Detroit" (foto: dok).

Sebuah film yang diangkat dari peristiwa nyata lima puluh tahun lalu, akan diputar di seluruh dunia mulai akhir pekan pertama bulan Agustus. Film "Detroit" di sutradarai oleh Kathryn Bigelow mengungkap isu rasial yang masih memecah masyarakat Amerika.

Hampir 50 tahun berlalu sejak kerusuhan di Detroit tapi Isu rasial antara warga kulit putih dan kulit hitam di Amerika masih terus berlangsung. Sutradara Kathryn Bigelow ingin menjembatani perdebatan mengenai isu ini dengan memaparkan kerusuhan rasial lewat film Detroit.

"Kalau film ini bisa berkesempatan untuk memahami sikap manusia yang tidak terbayangkan, diharapkan akan tercipta empati. Dari empati mungkin akan tercipta diskusi ke arah pemilihan hubungan," kata sutradara Kathryn Bigelow.

Film Detroit yang mulai diputar di Amerika dan di seluruh dunia pekan depan (4 Agustus 2017) berkisar mengenai insiden yang relatif kecil di Algiers Motel, di tengah-tengah kebangkitan warga Amerika keturunan Afrika karena penggerebekan sebuah kelab malam yang menimbulkan reaksi dari tekanan yang berlangsung lama.

Kerusuhan terbesar pada sejarah kerusuhan sosial di Amerika ini menyebabkan 43 orang tewas, dan pengerahan ribuan garda nasional ke kota yang terbakar itu.

Anthony Mackie salah seorang bintang film ini, sebelumnya juga bermain dalam film “The Hurt Lucker” tahun 2009 yang memberi penghargaan piala Oscar bagi Bigelow sebagai sutradata terbaik. Mackie berharap warga akan belajar dari pengalaman pahit sebelumnya.

“Apa yang terjadi 50 tahun lalu di Detroit sebagian besar dilupakan, saya harap orang akan menonton film ini menyaksikan dan mengingat keadaan kita sebelumnya, melihat dimana kita sekarang dan mulai saat ini melakukan sesuatu yang berbeda,” kata Anthony Mackie.

Pemutaran perdana film "Detroit" juga dilakukan di kota yang sama, Detroit, dimana 50 tahun lalu tiga laki-laki kulit hitam yang tidak bersenjata tewas ketika berhadapan dengan polisi. [my]

XS
SM
MD
LG