Tautan-tautan Akses

Aktor "Do the Right Thing" Danny Aiello Tutup Usia


Aktor Danny Aiello tiba di acara Amy Winehouse Foundation Gala di New York 21 Maret 2013. (Foto: Reuters/Carlo Allegri)

Danny Aiello, aktor veteran, yang terkenal membintangi film-film seperti "Do the Right Thing" karya sutradara Spike Lee dan "The Purple Rose of Cairo" karya Woody Allen dan puluhan film lainnya, meninggal dalam usia 86, kata juru bicaranya, Jumat (13/12).

Aiello, yang mendapatkan nominasi Academy Award dan Golden Globe untuk peran pendukung sebagai Sal the pizza di film karya sutradara Spike Lee pada 1989, meninggal pada Kamis (12/12) malam setelah sempat sakit, kata Tracey Miller dalam pernyataan melalui.

Aktor dan musisi yang telah mengumpulkan lebih dari 100 kredit film dan televisi dalam kariernya mencatat kisah hidupnya dalam autobiografi berjudul "Aku Hanya Tahu Siapa Diriku Ketika Aku Menjadi Orang Lain."

"Yang bisa saya katakan adalah Danny adalah bakat langka dan pria yang luar biasa," kata agen kesusasteraannya, Jennifer De Chiara, kepada Reuters melalui email. "Dunia mencintai Danny, dan dia juga mencintai mereka."

Aiello yang lahir di New York tumbuh dalam kemiskinan di West Side kota dan wilayah Bronx. Ia memulai karier aktingnya pada usia 35 tahun.

Ia bekerja keras untuk mendapatkan peran, termasuk sebagai mafia di film "The Godfather Part II" karya Francis Ford Coppola.

Nasibnya berubah ketika sutradara mulai memberinya peran-peran cukup penting pada 1980-an, termasuk sebagai suami yang kasar dalam film karya Woody Allen yang dirilis pada 1985 "The Purple Rose of Cairo" dan dalam "Moonstruck" karya Norman Jewison pada 1987. Dalam film "Moonstruck", Aiello berperan sebagai tunangan dari karakter seorang perempuan galau yang diperankan oleh Cher.

Setelah meraih sukes, ia tampil bersama Madonna dalam video hit single 1986-nya, "Papa Don't Preach."

Pada 2004, kariernya merambah ke industri musik. Dia merilis single pertamanya, "All of Me".

Pada 2005, ia menjadi pemeran utama dalam film independen "Brooklyn Lobster". Dalam film itu dia berperan sebagai kepala bisnis makanan laut yang menghadapi masalah keuangan.

Aiello, yang tinggal di New Jersey, telah menikah selama hampir 65 tahun. Dia dan istrinya Sandy Cohen memiliki empat anak dan 10 cucu. Salah satu anaknya adalah Danny Aiello III, seorang aktor dan pemeran pengganti yang meninggal karena kanker pankreas pada 2010. Danny Aiello III wafat pada usia 53. [ah/ft]

XS
SM
MD
LG