Tautan-tautan Akses

Turki Jadi Penengah Sengketa Afghanistan-Pakistan


Presiden Turki Abdullah Gul (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari sesaat sebelum pertemuan di Istanbul (1/11).
Presiden Turki Abdullah Gul (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari sesaat sebelum pertemuan di Istanbul (1/11).

Presiden Turki Abdullah Gul akan bertindak sebagai tuan rumah dalam upaya penyelesaian konflik diplomatik antara Afghanistan dan Pakistan.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai akan bertemu dengan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari hari ini di pertemuan puncak di Istanbul yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan antara kedua negara bertetangga ini.

Presiden Turki Abdullah Gul akan bertindak sebagai tuan rumah dalam upaya penyelesaian sengketa diplomatik yang mempertemukan kedua kepala negara.

Beberapa pejabat Afghanistan menuduh dinas intelijen Pakistan membantu Taliban dan jaringan Haqqani yang berhubungan dengan al-Qaida, untuk mempunyai pengaruh di Afghanistan sebelum penarikan pasukan yang dipimpin oleh NATO tahun 2014.

Afghanistan juga mencurigai keterlibatan Pakistan dalam pembunuhan utusan perdamaian Afghanistan bulan September dan mantan presiden Burhanuddin Rabbani. Pakistan membantah tuduhan tersebut.

konferensi regional mengenai Afghanistan yang dihadiri oleh para pemimpin dari 14 negara, termasuk Perancis, Jerman, dan India, akan berlangsung Selasa menyusul pertemuan antara Karzai dan Zardari.

XS
SM
MD
LG