Tautan-tautan Akses

Presiden Afghanistan Tolak Dialog dengan Taliban


Presiden Hamid Karzai (kanan), Presiden Pakistan Asif Ali Zardari (tengah) dan Presiden Turki Abdullah Gul setelah pertemuan mereka di Istanbul, Selasa (1/11).

Presiden Hamid Karzai (kanan), Presiden Pakistan Asif Ali Zardari (tengah) dan Presiden Turki Abdullah Gul setelah pertemuan mereka di Istanbul, Selasa (1/11).

Menyebut Taliban sebagai 'pembom bunuh diri,' Presiden Afghanistan Hamid Karzai menyatakan tak sudi berdialog dengan kelompok tersebut.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai menolak pembicaraan lebih jauh dengan Taliban, dengan mengatakan, “Kami tidak bisa terus berbicara dengan pembom bunuh diri.”

Presiden Karzai menyampaikan kepada para wartawan di Turki bahwa sebaiknya pemerintahnya akan terus berbicara dengan Pakistan mengenai upaya mencari solusi terhadap kekerasan terkait pemberontakan. Komentar pemimpin Afghanistan ini disampaikan setelah pertemuan dengan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari dan Presiden Turki Abdullah Gul di Istanbul.

Selama ini, Turki berusaha membantu mencairkan hubungan yang tegang antara kedua negara bertetangga di Asia Selatan tersebut, dan tampaknya perundingan ini telah mencapai kemajuan.

Presiden Gul pada hari Selasa mengatakan kedua negara tetangga tersebut setuju menyatukan sumber daya untuk menyelidiki pembunuhan perunding utama perdamaian Afghanistan.

Pejabat-pejabat Afghanistan mencurigai keterlibatan Pakistan dalam pembunuhan utusan perdamaian dan mantan presiden Afghanistan Burhanuddin Rabbani September lalu, tuduhan yang disangkal Pakistan.

Presiden Afghanistan mengatakan ia berharap penyelidikan bersama tersebut akan membuahkan hasil.

XS
SM
MD
LG