Tautan-tautan Akses

Presiden Afghanistan akan Dukung Pakistan Bila Diserang India atau AS


Presiden Afghanistan Hamid Karzai menegaskan akan mendukung Pakistan apabila diserang Amerika atau India (foto:dok).

Presiden Afghanistan Hamid Karzai menegaskan akan mendukung Pakistan apabila diserang Amerika atau India (foto:dok).

Presiden Afghanistan Hamid Karzai menegaskan bahwa negaranya akan mendukung Pakistan apabila diserang India atau Amerika.

Presiden Afghanistan mengatakan, negaranya akan mendukung Pakistan apabila diserang AS atau India. Hamid Karzai mengatakan hal ini Sabtu kemarin, jika Pakistan diserang oleh AS, India atau negara manapun, Afghanistan akan mendukung Pakistan.

Presiden Afghanistan tersebut mengeluarkan pernyataan tadi Sabtu kemarin dalam sebuah wawancara yang disiarkan oleh stasiun televisi swasta Pakistan, GEO.

Para analis berpendapat, komentar Karzai itu mungkin bukanlah pernyataan kebijakan yang sesungguhnya, melainkan lebih merupakan isyarat kepada Pakistan, bahwa Afghanistan sangat membutuhkan kerjasama Pakistan dalam menciptakan stabilitas di negara itu setelah mengalami konflik dan perang saudara bertahun-tahun.

Komentar televisi Presiden Karzai tadi bertentangan tajam dengan pernyataan yang dikeluarkannya pekan lalu untuk bekerja erat dengan Washington ketika Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton berkunjung ke Afghanistan. Waktu itu Clinton mendesak Pakistan untuk mengambil tindakan terhadap kelompok militan yang menggunakan wilayahnya menyerang Afghanistan.

XS
SM
MD
LG