Tautan-tautan Akses

Karzai: Afghanistan Butuh Bantuan untuk Perangi Kelompok Teroris


Presiden Hamid Karzai (kiri) dalam Konferensi untuk Afghanistan yang berlangsung di Istanbul, Turki.

Presiden Hamid Karzai (kiri) dalam Konferensi untuk Afghanistan yang berlangsung di Istanbul, Turki.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai kembali mendesak Pakistan agar berbuat lebih banyak untuk memerangi kelompok-kelompok militan.

Perdamaian di Afghanistan tidak akan tercipta tanpa bantuan negara-negara tetangga dalam memerangi kelompok-kelompok terror.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengatakan demikian kepada para diplomat yang hadir dalam konferensi bantuan internasional di Turki, Rabu (3/11) bahwa jaringan-jaringan teroris masih merupakan ancaman besar bagi keamanan Afghanistan. Ia mengatakan kelompok-kelompok yang melakukan kampanye penghancuran tanpa belas kasihan di Afghanistan terus mendapat perlindungan di luar Afghanistan.

Karzai meminta Pakistan untuk membantu negaranya bernegosiasi dengan pemimpin Taliban, yang menurutnya berbasis di Pakistan.

Karzai menghadiri pertemuan sehari dengan sekitar 20 negara dan badan bantuan di Istanbul yang berfokus pada pembangunan keamanan dan ekonomi Afghanistan sementara pasukan internasional akan ditarik dari negara tersebut pada tahun 2014.

Sehari sebelumnya Karzai bertemu dengan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari, di mana keduanya membahas penyidikan bersama terhadap pembunuhan bekas presiden Afghanistan Burhabuddin Rabbani pada bulan September.

Karzai telah berulangkali mendesak Pakistan agar berbuat lebih banyak dalam menindak militan. Pejabat Amerika dan Afghanistan menuduh Islamabad melindungi dan mendukung pemberontak, termasuk jaringan Haqqani yang dituduh membunuh Rabbani, klaim yang dibantah keras pemerintah Pakistan.

XS
SM
MD
LG